GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.32 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama
TUJUAN SUB KEGIATAN Peserta Didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Siswa SMP/MTs: L: 82.250 (51,08%) P: 78.776 (48,92%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu L: 82.250 (51,08%) P: 78.776 (48,92%)
    • Partisipasi : Jumlah Siswa SMP/MTs yang berpartsisipasi mendapatkan biaya personil: L: 82.250 (51,08%) P: 78.776 (48,92%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah Siswa SMP/MTs untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu. L: 82.250 (51,08%) P: 78.776 (48,92%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu L: 82.250 (51,08%) P: 78.776 (48,92%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Siswa SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa SMP/MTs perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan biaya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama 293 lembaga
    Outcome: Angka kelulusan SMP/MTs : 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 116012276723
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama 293 lembaga
Outcome:
Angka kelulusan SMP/MTs : 100%