GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.36 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Menyosialisasik an kebijakan tentang pelaksanaan ujian sekolah dan asesmen nasional. 2. Memberikan pelatihan kepada guru tentang model soal asesmen nasional dan rencana pembelajaranny a. 3. Menyusun soal asesmen nasional
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah wakil kepala sekolah urusan kurikulum L: 84 (32,31%) P: 176 (67,69%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pelatihan tentang model soal asesmen nasional. L: 84 (32,31%) P: 176 (67,69%)
    • Partisipasi : Jumlah wakil kepala sekolah urusan kurikulum yang mengikuti pelatihan tentang model soal asesmen nasional. L: 84 (32,31%) P: 176 (67,69%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah wakil kepala sekolah urusan kurikulum yang dapat menyusuan soal asesmen nasional L: 84 (32,31%) P: 176 (67,69%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pelatihan tentang model soal asesmen nasional L: 84 (32,31%) P: 176 (67,69%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah wakil kepala sekolah urusan kurikulum perempuan lebih besar daripada lakilaki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraa n Proses Belajar dan Ujian bagi SMP didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Wakil kepala sekolah urusan kurikulum dapat Menyusun soal asesmen nasional untuk mendukung program pelaksanaan asesmen nasional Kemdikbudristek
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas wakil kepala sekolah urusan kurikulum karena dianggap lebih mampu menangani terkait kurikulum di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memberikan pelatihan tentang model soal asesmen nasional yang responsif gender.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga SMP yang dibina dalam Penyelenggaraa n Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik: 300 lembaga
    Outcome: Persentase SMP terakreditasi minimal B: 96,79%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 204026720
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga SMP yang dibina dalam Penyelenggaraa n Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik: 300 lembaga
Outcome:
Persentase SMP terakreditasi minimal B: 96,79%