NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah
Menengah |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.36
Penyelenggaraan
Proses Belajar dan
Ujian bagi Peserta
Didik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
1. Menyosialisasik
an kebijakan
tentang pelaksanaan
ujian sekolah
dan asesmen
nasional.
2. Memberikan
pelatihan
kepada guru
tentang model
soal asesmen
nasional dan
rencana
pembelajaranny
a.
3. Menyusun soal
asesmen
nasional |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah wakil kepala
sekolah urusan
kurikulum
L: 84 (32,31%)
P: 176 (67,69%)
- Akses :
Adanya kesamaan
akses untuk mengikuti
pelatihan tentang model
soal asesmen nasional.
L: 84 (32,31%)
P: 176 (67,69%)
- Partisipasi :
Jumlah wakil kepala
sekolah urusan
kurikulum yang
mengikuti pelatihan
tentang model soal
asesmen nasional.
L: 84 (32,31%)
P: 176 (67,69%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L :
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Jumlah wakil kepala
sekolah urusan
kurikulum yang dapat
menyusuan soal
asesmen nasional
L: 84 (32,31%)
P: 176 (67,69%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya
kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pelatihan
tentang model
soal asesmen
nasional
L: 84 (32,31%)
P: 176 (67,69%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah
wakil kepala
sekolah urusan
kurikulum
perempuan
lebih besar
daripada lakilaki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan
Penyelenggaraa
n Proses Belajar
dan Ujian bagi
SMP didominasi
oleh perempuan
Manfaat:
Wakil kepala
sekolah urusan
kurikulum dapat
Menyusun soal
asesmen
nasional untuk
mendukung
program
pelaksanaan
asesmen
nasional
Kemdikbudristek
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas wakil
kepala sekolah
urusan
kurikulum
karena
dianggap lebih
mampu
menangani
terkait kurikulum
di sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memberikan
pelatihan
tentang model
soal asesmen
nasional yang
responsif
gender.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah lembaga
SMP yang
dibina dalam
Penyelenggaraa
n Proses Belajar
dan Ujian bagi
Peserta Didik:
300 lembaga
Outcome: Persentase
SMP
terakreditasi
minimal B:
96,79%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
204026720 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah lembaga
SMP yang
dibina dalam
Penyelenggaraa
n Proses Belajar
dan Ujian bagi
Peserta Didik:
300 lembaga
Outcome:
Persentase
SMP
terakreditasi
minimal B:
96,79%
|