NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02 Pengelolaan
Pendidikan Sekolah
Menengah Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.40
Pengembangan Karir
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Tersedianya Guru
(Pendidik) dan Tenaga
Kependidikan yang
diharapkan dengan kualifikasi dan
kemampuannya dapat
melaksanakan pekerjaan
dengan baik dan
berkualitas.sesuai
dengan Undang-undang
Sisdiknas No 20 tahun
2003 yang menyatakan
bahwa Pendidikan adalah
usaha sadar dan
terencana untuk
mewujudkan suasana
belajar dan proses
pembelajaran agar
peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual
keagamaan,
pengendalian diri,
kepribadian, kecerdas |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah guru SMP:
L: 1.856
(36,22%)
P: 3.268 (63,78%)
- Akses :
Adanya kesamaan
akses untuk mengikuti
pembinaan dan
pengembangan karir
L: 1.856
(36,22%)
P: 3.268 (63,78%)
- Partisipasi :
Jumlah guru SMP yang
mendapat pembinaan
dan pengembangan
karir.
L: 1.856
(36,22%)
P: 3.268 (63,78%)
- Kontrol :Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah guru SMP yang
mendapat pembinan
dan pengembangan
karir.
L: 1.856
(36,22%)
P: 3.268 (63,78%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
pembinaan dan
pengembangan
karir
L: 1.856 (36,22%)
P: 3.268 (63,78%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah
guru SMP
perempuan lebih
besar daripada
guru SMP laki-laki.
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama
didominasi oleh
laki-laki.
Manfaat:
Pelaksanaan
pengembangan
karir sesuai
standart
penyelenggaraan
Pendidikan d
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gende
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas
guru SMP
adalah
perempuan,
karena
dianggap
lebih mampu
menjadi top
leader di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Tersedianya
Guru
(Pendidik) dan
Tenaga
Kependidikan
diharapkan
dengan
kualifikasi dan
kemampuanny
a dapat
melaksanakan
pekerjaan
dengan baik
dan
berkualitas
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah guru
yang mendapat
pelatihan dan
pengembangan
karir 641 Orang
dan
-Jumlah Guru
yang
Mendapatkan
Penilaian
Kinerja 5745
orang
Outcome: -Persentase
guru yang
mendapat
pengembangan
karir 19%
-Persentase
penyelesaian
permasalahan
guru dan tenaga
kependidikan 80%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
10985399951 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan
Pendidikan Sekolah
Menengah Pertama |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah guru
yang mendapat
pelatihan dan
pengembangan
karir 641 Orang
dan
-Jumlah Guru
yang
Mendapatkan
Penilaian
Kinerja 5745
orang
Outcome:
-Persentase
guru yang
mendapat
pengembangan
karir 19%
-Persentase
penyelesaian
permasalahan
guru dan tenaga
kependidikan 80%
|