GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
TUJUAN SUB KEGIATAN Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdas
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah guru SMP: L: 1.856 (36,22%) P: 3.268 (63,78%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pembinaan dan pengembangan karir L: 1.856 (36,22%) P: 3.268 (63,78%)
    • Partisipasi : Jumlah guru SMP yang mendapat pembinaan dan pengembangan karir. L: 1.856 (36,22%) P: 3.268 (63,78%)
    • Kontrol :Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah guru SMP yang mendapat pembinan dan pengembangan karir. L: 1.856 (36,22%) P: 3.268 (63,78%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk pembinaan dan pengembangan karir L: 1.856 (36,22%) P: 3.268 (63,78%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah guru SMP perempuan lebih besar daripada guru SMP laki-laki.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Pelaksanaan pengembangan karir sesuai standart penyelenggaraan Pendidikan d
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gende
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas guru SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuanny a dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah guru yang mendapat pelatihan dan pengembangan karir 641 Orang dan -Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja 5745 orang
    Outcome: -Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19% -Persentase penyelesaian permasalahan guru dan tenaga kependidikan 80%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 10985399951
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah guru yang mendapat pelatihan dan pengembangan karir 641 Orang dan -Jumlah Guru yang Mendapatkan Penilaian Kinerja 5745 orang
Outcome:
-Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19% -Persentase penyelesaian permasalahan guru dan tenaga kependidikan 80%