GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.41 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatnya Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Menengah
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah kepala SMP/MTs L: 204 (55,89%) P: 161 (44,11%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pembinaan terkait kelembagaan dan manajemen sekolah L: 204 (55,89%) P: 161 (44,11%)
    • Partisipasi : Jumlah kepala SMP/MTs yang mengikuti pembinaan terkait kelembagaan dan manajemen sekolah L: 204 (55,89%) P: 161 (44,11%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah kepala SMP/MTs yang mengikuti pembinaan terkait kelembagaan dan manajemen sekolah sesuai dengan Indeks Pendidikan L: 204 (55,89%) P: 161 (44,11%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan terkait kelembagaan dan manajemen sekolah L: 204 (55,89%) P: 161 (44,11%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah kepala SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada kepala SMP/MTs perempuan
      Kontrol:
      Kontrol: Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
      Manfaat:
      Manfaat: Pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran telah sesuai dengan Indeks Pendidikan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas kepala SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkany a Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Menengah yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Lembaga Yang Mendapatkan Pembinaan Terkait Kelembagaan Dan Manajemen Sekolah 254 Lembaga
    Outcome: Persentase SMP terakreditasi minimal B 96,79%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 364498302
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Lembaga Yang Mendapatkan Pembinaan Terkait Kelembagaan Dan Manajemen Sekolah 254 Lembaga
Outcome:
Persentase SMP terakreditasi minimal B 96,79%