NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.41
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen
Sekolah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatnya Mutu
Kelembagaan dan
Managemen
Sekolah
Menengah |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah kepala
SMP/MTs
L: 204 (55,89%)
P: 161 (44,11%)
- Adanya kesamaan
akses untuk mengikuti
pembinaan terkait
kelembagaan dan
manajemen sekolah
L: 204 (55,89%)
P: 161 (44,11%)
- Jumlah kepala
SMP/MTs
yang mengikuti
pembinaan terkait
kelembagaan dan
manajemen sekolah
L: 204 (55,89%)
P: 161 (44,11%)
- Pejabat pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Jumlah kepala
SMP/MTs
yang mengikuti
pembinaan terkait
kelembagaan dan
manajemen sekolah
sesuai dengan Indeks
Pendidikan
L: 204 (55,89%)
P: 161 (44,11%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pembinaan terkait
kelembagaan dan
manajemen sekolah
L: 204 (55,89%)
P: 161 (44,11%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah kepala
SMP/MTs laki-laki
lebih besar daripada
kepala SMP/MTs
perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen Sekolah
didominasi oleh
perempuan.
Manfaat:
Pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran telah
sesuai dengan Indeks
Pendidikan
- Sebab Kesenjangan Internal :
. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas
kepala
SMP/MTs
adalah laki-laki,
karena
dianggap lebih
mampu menjadi
top leader di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkany
a Mutu
Kelembagaan
dan
Managemen
Sekolah
Menengah
yang
responsive
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Lembaga
Yang
Mendapatkan
Pembinaan
Terkait
Kelembagaan
Dan Manajemen
Sekolah 254
Lembaga
Outcome: Persentase SMP
terakreditasi
minimal B
96,79%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
364498302 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Lembaga
Yang
Mendapatkan
Pembinaan
Terkait
Kelembagaan
Dan Manajemen
Sekolah 254
Lembaga
Outcome:
Persentase SMP
terakreditasi
minimal B
96,79%
|