GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program: 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Guna meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD dalam menjalankan tugasnya
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penerima jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
    • Akses : Jumlah pendidik yang mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
    • Partisipasi : Jumlah pendidik yang berpartisipasi mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Jumlah pendidik yang mendapatkan reward berupa jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan jaspel pendidik PAUD L: 66 (0,84%) P: 7.747 (99,16%)
      Partisipasi:
      Jumlah pendidik PAUD perempuan lebih banyak yang berpartisipasi mendapatkan jaspel dibandingkan pendidik PAUD laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Guna meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD dalam menjalankan tugasnya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas pendidik PAUD adalah perempuan, sebab perempuan lebih sabar dan ulet dan bisa mengayomi peserta didik usia dini
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD baik bagi pendidik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Lembaga PAUD yang menyelenggarak an proses belajar PAUD 1.335 lembaga
    Outcome: Persentase lembaga PAUD berkualitas 83,33%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 47360458561
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Lembaga PAUD yang menyelenggarak an proses belajar PAUD 1.335 lembaga
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas 83,33%