GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Guna meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan Pendidik PAUD dalam menjalankan tugasnya 2. Tujuan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Bagi Peserta Didik PPT di Kota Surabaya adalah untuk membantu PPT dan orang tua peserta didik dalam memperbaiki pola makan anak dan meningkatkan kualitas makanan yang sehat dan bergizi. 3. Peningkatan mutu pendidikan perlu adanya wadah pembinaan profesional guru PAUD melalui Pusat Kegiatan Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PKG PAUD)
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Kota Surabaya: L: 27.115 (50,39%) P: 26.692 (49,61%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyelenggaraa n Proses Belajar PAUD: L: 27.115 (50,39%) P: 26.692 (49,61%)
    • Jumlah siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT): Siswa Laki-laki: 27.115 (50,39%) Siswa Perempuan: 26.692 (49,61%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya siswa yang PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) L: 27.115 (50,39%) P: 26.692 (49,61%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD. Namun jumlah siswa PAUD perempuan yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lebih rendah. Laki-laki: 50,39% Perempuan: 49,61%
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah siswa yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lebih rendah perempuan daripada laki-laki.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Proporsi siswa perempuan yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lebih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa pendidik PAUD didominasi perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%) Meningkatnya jumlah siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%)
    Outcome: Tersedianya siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 3495194448
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%) Meningkatnya jumlah siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%)
Outcome:
Tersedianya siswa PAUD yang menerima kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Laki-laki dari 27.115 (50,39%) menjadi 27.215 (50,39%) Perempuan dari 26.692 (49,61%) menjadi 26.792 (49,61%)