GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Memberikan apresiasi serta menunjang kegiatan pelayanan kepada masyarakat, warga pelayan masyarakat diberikan Biaya Jasa Pelayanan.
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah pendidik penerima jaspel PAUD di Kota Surabaya: L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD: L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
    • Jumlah pendidik penerima jaspel PAUD Laki-laki: 7.844 (99,12%) Siswa Perempuan: 70 (0,88%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD L: 7.844 (99,12%) P: 70 (0,88%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD. Namun jumlah pendidik perempuan penerima jaspel PAUD lebih rendah. Laki-laki: 0,88% Perempuan: 99,12%
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Pendidik penerima jaspel PAUD lebih rendah laki-laki daripada perempuan.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Proporsi Pendidik PAUD laki-laki yang mendapatkan tambahan penghasilan masih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa bunda PAUD identik dengan perempuan.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%) Meningkatnya jumlah pendidik penerima jaspel PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)
    Outcome: Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD di Kota Surabaya Laki-laki dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Perempuan dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 46082667674
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%) Meningkatnya jumlah pendidik penerima jaspel PAUD Perempuan dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Laki-laki dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)
Outcome:
Tersedianya pendidik PAUD yang mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di tingkat PAUD di Kota Surabaya Laki-laki dari 7.844 (99,12%) menjadi 8.844 (99,10%) Perempuan dari 70 (0,88%) menjadi 80 (0.90%)