GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
TUJUAN SUB KEGIATAN Tujuan pelaksanaan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama adalah Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesu ai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangka n potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembang an Guru dan Tenaga Kependidikan di Kota Surabaya : L : 2.193 (37,07%) P : 3.723 (62,93%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Fasilitasi Pengembang an Guru dan Tenaga Kependidikan L : 2.193 (37,07%) P : 3.723 (62,93%)
    • Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembang an Guru dan Tenaga Kependidikan : Laki-laki: : 2.193 (37,07%) Perempuan: : 3.723 (62,93%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembang an Guru dan Tenaga Kependidikan L : 2.193 (37,07%) P : 3.723 (62,93%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Fasilitasi Pengembanga n Guru dan Tenaga Kependidikan. Namun jumlah GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan masih rendah. Laki-laki: (26,64%) Perempuan: (73,36%)
      Partisipasi:
      Proporsi Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama lebih rendah laki- laki daripada perempuan.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Proporsi GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama masih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya anggapan di masyarakat bahwa profesi guru diminati kaum perempuan, sehingga jumlah guru perempuan lebih banyak daripada laki- laki.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%) Meningkatnya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama: Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%)
    Outcome: Outcome Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 854355819
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%) Meningkatnya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama: Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%)
Outcome:
Outcome Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Laki-laki dari 2.193 (37,07%) menjadi 2.213 (37,16%) Perempuan dari 3.723 (62,93%) menjadi 3.743 (62,84%)