NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2021 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.40
Pengembangan
Karir Pendidik
dan Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.40
Pengembangan
Karir Pendidik
dan Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Tujuan
pelaksanaan
Pengembangan
Karir Pendidik
dan Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama
adalah
Tersedianya
Guru (Pendidik)
dan Tenaga
Kependidikan
yang diharapkan
dengan
kualifikasi dan
kemampuannya
dapat
melaksanakan
pekerjaan
dengan baik dan
berkualitas.sesu
ai dengan
Undang-undang
Sisdiknas No 20
tahun 2003
yang
menyatakan
bahwa
Pendidikan
adalah usaha
sadar dan
terencana untuk
mewujudkan
suasana belajar
dan proses
pembelajaran
agar peserta
didik secara
aktif
mengembangka
n potensi dirinya
untuk memiliki
kekuatan
spiritual
keagamaan,
pengendalian
diri, kepribadian,
kecerdasan dan
akhlak yang
mulia. |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.40
Pengembangan
Karir Pendidik
dan Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah GTK
yang
mengikuti
kegiatan
Fasilitasi
Pengembang
an Guru dan
Tenaga
Kependidikan
di Kota
Surabaya :
L : 2.193
(37,07%)
P : 3.723
(62,93%)
- Adanya
kesamaan
akses untuk
mendapatkan
informasi
tentang
Fasilitasi
Pengembang
an Guru dan
Tenaga
Kependidikan
L : 2.193
(37,07%)
P : 3.723
(62,93%)
- Jumlah GTK
yang
mengikuti
kegiatan
Fasilitasi
Pengembang
an Guru dan
Tenaga
Kependidikan
:
Laki-laki: :
2.193
(37,07%)
Perempuan: :
3.723
(62,93%)
- Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Tersedianya
GTK yang
mengikuti
kegiatan
Fasilitasi
Pengembang
an Guru dan
Tenaga
Kependidikan
L : 2.193
(37,07%)
P : 3.723
(62,93%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya
kesamaan
akses untuk
mendapatkan
informasi
tentang
Fasilitasi
Pengembanga
n Guru dan
Tenaga
Kependidikan.
Namun jumlah
GTK
perempuan
yang
mengikuti
kegiatan
Fasilitasi
Pengembangan Guru dan
Tenaga
Kependidikan
masih rendah.
Laki-laki:
(26,64%)
Perempuan:
(73,36%)
Partisipasi:
Proporsi
Jumlah GTK
yang
mengikuti
kegiatan
Pengembanga
n Karir
Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama lebih
rendah laki-
laki daripada
perempuan.
Kontrol:
Pejabat
pengawas Pengembanga
n Karir
Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama
didominasi
oleh
perempuan
Manfaat:
Proporsi GTK
perempuan
yang
mengikuti
kegiatan
Pengembanga
n Karir
Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama
masih rendah
- Sebab Kesenjangan Internal :
1Adanya
keterbatasan
kuantitas dan
kualitas SDM
perihal
Pembangunan
pengarusutam
aan Gender
2. Adanya
keterbatasan
anggaran.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Adanya
anggapan di
masyarakat
bahwa profesi
guru diminati
kaum
perempuan,
sehingga jumlah
guru perempuan
lebih banyak
daripada laki-
laki.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan
kualitas
Pendidikan.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Output
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
informasi tentang
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%)
Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%) Meningkatnya GTK
yang mengikuti
kegiatan
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama:
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%)
Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%)
Outcome: Outcome
Tersedianya GTK
yang mengikuti
kegiatan
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%) Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
854355819 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02.40
Pengembangan
Karir Pendidik
dan Tenaga
Kependidikan
pada Satuan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Output
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
informasi tentang
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%)
Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%) Meningkatnya GTK
yang mengikuti
kegiatan
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama:
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%)
Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%)
Outcome:
Outcome
Tersedianya GTK
yang mengikuti
kegiatan
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Sekolah Menengah
Pertama
Laki-laki dari 2.193
(37,07%) menjadi
2.213 (37,16%) Perempuan dari
3.723 (62,93%)
menjadi 3.743
(62,84%)
|