GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.18 Pengelolaan Dana BOP PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Untuk meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan anak usia din
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Siswa PAUD: L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
    • Adanya kesamaan akses Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraan PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
    • Jumlah Siswa PAUD : L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraan PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraan PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik L: 40.302 (51,03%) P: 38.669 (48,97%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Siswa PAUD laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa PAUD perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengelolaan Dana BOP PAUD didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Lembaga PAUD yang mendapatkan bantuan operasional dari pemerintah pusat
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gende
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Siswa PAUD adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Untuk meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggara an pendidikan anak usia dini yang responsif gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraa n PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik 2.592 lembaga
    Outcome: Persentase lembaga PAUD berkualitas: 83,33%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 71405200000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Subkegi
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga yang mendapatkan penyediaan bantuan operasional penyelenggaraa n PAUD yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik 2.592 lembaga
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas: 83,33%