NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.03.18
Pengelolaan Dana
BOP PAUD |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Untuk
meningkatkan
layanan pendidikan dan
membantu
pembiayaan
penyelenggaraan
pendidikan anak
usia din |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Siswa
PAUD:
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669
(48,97%)
- Adanya
kesamaan akses
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraan
PAUD yang
dibiayai dari Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669 (48,97%)
- Jumlah Siswa
PAUD :
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669
(48,97%)
- Kontrol :
Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraan
PAUD yang dibiayai dari Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
L: 40.302
(51,03%)
P: 38.669
(48,97%
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses Jumlah lembaga
yang mendapatkan
penyediaan bantuan
operasional
penyelenggaraan
PAUD yang dibiayai
dari Dana Alokasi
Khusus (DAK) Non
Fisik
L: 40.302 (51,03%)
P: 38.669 (48,97%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa
PAUD laki-laki lebih
besar daripada jumlah
Siswa PAUD
perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan Pengelolaan Dana
BOP PAUD didominasi
oleh laki-laki.
Manfaat:
Lembaga PAUD yang
mendapatkan bantuan
operasional dari
pemerintah pusat
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gende
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Siswa
PAUD adalah
laki-laki, karena
dianggap lebih
mampu
berpartisipasi di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Untuk
meningkatkan
layanan
pendidikan dan
membantu
pembiayaan
penyelenggara
an pendidikan
anak usia dini
yang responsif
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraa
n PAUD yang
dibiayai dari
Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
2.592 lembaga
Outcome: Persentase
lembaga PAUD
berkualitas:
83,33%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
71405200000 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02
Pengelolaan
Pendidikan
Sekolah
Menengah
Pertama
Subkegi |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah lembaga
yang
mendapatkan
penyediaan
bantuan
operasional
penyelenggaraa
n PAUD yang
dibiayai dari
Dana
Alokasi Khusus
(DAK) Non Fisik
2.592 lembaga
Outcome:
Persentase
lembaga PAUD
berkualitas:
83,33%
|