GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
TUJUAN SUB KEGIATAN Tujuan pelaksanaan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar adalah Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesua i dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar di Kota Surabaya : L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
    • Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki: 3.106 (26,64%) Perempuan: : 8.553 (73,36%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar L : 3.106 (26,64%) P : 8.553 (73,36%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Fasilitasi Pengembanga n Guru dan Tenaga Kependidikan. Namun jumlah GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Fasilitasi Pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan masih rendah. Laki-laki: (26,64%) Perempuan: (73,36%)
      Partisipasi:
      Proporsi Jumlah GTK yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar lebih rendah laki-laki daripada perempuan.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Proporsi GTK perempuan yang mengikuti kegiatan Pengembanga n Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar masih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya anggapan di masyarakat bahwa profesi guru diminati kaum perempuan, sehingga jumlah guru perempuan lebih banyak daripada laki- laki.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%) Meningkatnya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)
    Outcome: Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1228784990
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%) Meningkatnya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)
Outcome:
Tersedianya GTK yang mengikuti kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Laki-laki dari 3.106 (26,64%) menjadi 3.126 (26,72%) Perempuan dari 8.553 (73,36%) menjadi 8.573 (73,28%)