GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.10 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetar aan
TUJUAN SUB KEGIATAN terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar): L: 37 (74,00%) P: 13 (26,00%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (74,00%) P: 13 (26,00%)
    • Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar): L: 37 (74,00%) P: 13 (26,00%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) untuk mendapatkan untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (74,00%) P: 13 (26,00%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan L: 37 (74,00%) P: 13 (26,00%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) lakilaki lebih besar dari pada SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh lakilaki.
      Manfaat:
      Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gende
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan belaja
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Satuan Pendidikan yang mendapat penyediaan biaya personil 1 lembaga
    Outcome: Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan : 85,44%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 695562000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Satuan Pendidikan yang mendapat penyediaan biaya personil 1 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan : 85,44%