GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetara an
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.12 Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetara an
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Memberikan Jasa Pelayanan Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Kesetaraan 2. Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Keagamaan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penerima jaspel pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu L: 3.629 (34,37%) P: 6.930 (65,63%)
    • Jumlah pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu yang mendapatkan jaspel pendidik keagamaan. L: 3.629 (34,37%) P: 6.930 (65,63%)
    • Jumlah pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu yang berpartisipasi mendapatkan jaspel pendidik keagamaan L: 3.629 (34,37%) P: 6.930 (65,63%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Jumlah pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu yang mendapatkan reward berupa jaspel pendidik keagamaan L: 3.629 (34,37%) P: 6.930 (65,63%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan jaspel pendidik keagamaan L: 3.629 (34,37%) P: 6.930 (65,63%)
      Partisipasi:
      Jumlah pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu perempuan lebih banyak yang berpartisipasi mendapatkan jaspel dibandingkan pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu laki-laki.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraa n Proses Belajar Nonformal/Kese taraan didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Guna meningkatkan mutu tenaga pendidik keagamaan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu adalah perempuan, sebab menjadi pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu tidak menjanjikan penghasilan yang cukup, sehingga lakilaki sedikit yang menjadi pendidik TPA/TPQ dan kelas minggu
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu tenaga pendidik keagamaan baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Tenaga Pendidik Keagamaan yang Difasilitasi dalam Jasa Pelayanan Masyarakat Tenaga Pendidik Keagamaan 13.000 orang
    Outcome: Jumlah Tenaga Pendidik Keagamaan yang Difasilitasi dalam Jasa Pelayanan Masyarakat Tenaga Pendidik Keagamaan 85,44%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 66763442013
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetara an
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Tenaga Pendidik Keagamaan yang Difasilitasi dalam Jasa Pelayanan Masyarakat Tenaga Pendidik Keagamaan 13.000 orang
Outcome:
Jumlah Tenaga Pendidik Keagamaan yang Difasilitasi dalam Jasa Pelayanan Masyarakat Tenaga Pendidik Keagamaan 85,44%