GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aa
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.15 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah tutor PKBM: L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengembangan karir. L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
    • Jumlah tutor PKBM yang mengikuti pengembangan karir L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah tutor PKBM yang mendapatkan pengembangan karir. L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pengembangan karir L: 162 (35,06%) P: 300 (64,94%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah tutor PKBM perempuan lebih besar daripada tutor PKBM laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraa didominasi oleh lakilaki.
      Manfaat:
      Peningkatan pengembangan karir tutor PKBM di lembaga pendidikan nonformal
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas tutor PKBM adalah, karena perempuan dianggap lebih sabar dalam memberikan layanan Pendidikan kejar paket A/B/C
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di lembaga pendidikan nonformal sesuai standart penyelenggara an Pendidikan dan Pelatihan.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang mendapatkan pelatihan 250 oran
    Outcome: Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 99464370
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang mendapatkan pelatihan 250 oran
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir 19%