NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.04
Pengelolaan
Pendidikan
Nonformal/Kesetar
aa |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.04.15
Pengembangan
Karir Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Nonformal/Kesetar
aan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan
kompetensi tenaga
pendidik di
lembaga
pendidikan
nonformal |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah tutor
PKBM:
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%
- Adanya
kesamaan akses
untuk
mendapatkan
pengembangan
karir.
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
- Jumlah tutor
PKBM yang
mengikuti
pengembangan
karir
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
- Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Jumlah tutor
PKBM yang
mendapatkan
pengembangan
karir.
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pengembangan karir
L: 162 (35,06%)
P: 300 (64,94%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah tutor
PKBM perempuan
lebih besar daripada
tutor PKBM laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pengembangan Karir
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan pada
Satuan Pendidikan
Nonformal/Kesetaraa
didominasi oleh lakilaki.
Manfaat:
Peningkatan
pengembangan karir
tutor PKBM di lembaga
pendidikan nonformal
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas tutor
PKBM adalah,
karena
perempuan
dianggap lebih
sabar dalam
memberikan
layanan
Pendidikan kejar
paket A/B/C
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan
kompetensi
tenaga
pendidik di
lembaga
pendidikan
nonformal
sesuai standart
penyelenggara
an Pendidikan
dan Pelatihan.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah pendidik
dan tenaga
kependidikan
non formal yang
mendapatkan
pelatihan 250
oran
Outcome: Persentase guru
yang mendapat
pengembangan
karir 19%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
99464370 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.04
Pengelolaan
Pendidikan
Nonformal/Kesetar
aan |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah pendidik
dan tenaga
kependidikan
non formal yang
mendapatkan
pelatihan 250
oran
Outcome:
Persentase guru
yang mendapat
pengembangan
karir 19%
|