NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2022 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.04
Pengelolaan
Pendidikan
Nonformal/Kesetar
aan |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.04.16
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen
Sekolah
Nonformal/Kesetar
aan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Memberikan pemahaman dan
pengetahuan
dalam rangka
meningkatkan
peran pengelola
LKP dan PKBM
sebagai fasilitator
peningkatan mutu
dari segi
pengelolaan
operasional
kelembagaan
maupun dari segi
pembelajaran |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02
Program
Pengelolaan
Pendidikan |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah kepala PKBM:
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
- Adanya kesamaan
akses untuk mengikuti
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
- Jumlah kepala PKBM
yang mengikuti
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
- Pejabat pengampu kegiatan Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Jumlah kepala PKBM
yang mendapatkan
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
sehingga pembinaan
yang dilaksanakan
sesuai dengan standar.
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan
akses untuk
mendapatkan
pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran
L: 11 (37,93%)
P: 18 (62,07%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah
kepala PKBM
perempuan lebih
besar daripada
kepala PKBM lakilaki
Kontrol:
Pejabat pengawas
subkegiatan
Pembinaan
Kelembagaan dan
Manajemen Sekolah
Nonformal/Kesetaraan
didominasi oleh lakilaki.
Manfaat:
Pembinaan dalam
kelembagaan dan
pembelajaran telah
sesuai dengan
standar nasional
pendidikan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih
adanya
SDM di PD
terkait yang
belum
memahami
konsep
gender
2. Belum
terciptanya
budaya
organisasi
yang ramah
terhadap
salah satu
gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas
kepala PKBM
adalah
perempuan,
karena
dianggap lebih
mampu menjadi
top leader di
sekolah.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Memberikan
pemahaman
dan
pengetahuan
dalam rangka
meningkatkan
peran
pengelola LKP
dan PKBM
sebagai
fasilitator
peningkatan
mutu dari segi
pengelolaan
operasional
kelembagaan
maupun dari
segi
pembelajaran
yang
responsive
gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah lembaga
nonformal/keset
araan yang
dibina 102
lembaga
Outcome: Persentase
Pendidikan
Nonformal/Keset
araan yang
sesuai standar
nasional
pendidikan
85,44%
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
116630660 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.04
Pengelolaan
Pendidikan
Nonformal/Kesetar
aan |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah lembaga
nonformal/keset
araan yang
dibina 102
lembaga
Outcome:
Persentase
Pendidikan
Nonformal/Keset
araan yang
sesuai standar
nasional
pendidikan
85,44%
|