GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.16 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetar aan
TUJUAN SUB KEGIATAN Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah kepala PKBM: L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mengikuti pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
    • Jumlah kepala PKBM yang mengikuti pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah kepala PKBM yang mendapatkan pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran sehingga pembinaan yang dilaksanakan sesuai dengan standar. L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran L: 11 (37,93%) P: 18 (62,07%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah kepala PKBM perempuan lebih besar daripada kepala PKBM lakilaki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh lakilaki.
      Manfaat:
      Pembinaan dalam kelembagaan dan pembelajaran telah sesuai dengan standar nasional pendidikan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas kepala PKBM adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu menjadi top leader di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan peran pengelola LKP dan PKBM sebagai fasilitator peningkatan mutu dari segi pengelolaan operasional kelembagaan maupun dari segi pembelajaran yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga nonformal/keset araan yang dibina 102 lembaga
    Outcome: Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan 85,44%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 116630660
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga nonformal/keset araan yang dibina 102 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan 85,44%