GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.17 Pengelolaan Dana BOP Sekolah Nonformal/Kesetaraan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah siswa PKBM : L: 1.374 (35,94%) P: 2.449 (64,06%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan L: 1.374 (35,94%) P: 2.449 (64,06%)
    • Jumlah siswa PKBM yang berpartisipasi dalam Pendidikan kesetaraan: L: 1.374 (35,94%) P: 2.449 (64,06%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah siswa PKBM untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan PKBM : L: 1.374 (35,94%) P: 2.449 (64,06%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan L: 1.374 (35,94%) P: 2.449 (64,06%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Siswa PKBM perempuan lebih besar daripada jumlah Siswa PKBM laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengelolaan Dana BOP Sekolah Nonformal/Kesetaraan Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Siswa PKBM adalah perempuan, karena siswa yang putus sekolah sebagaian besar adalah perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggara an pendidikan kesetaraan yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga yang mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan 34 lembaga
    Outcome: Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan: 85,44%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 6157500000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetar aan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga yang mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan 34 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Keset araan yang sesuai standar nasional pendidikan: 85,44%