GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan
KEGIATAN 2.19.02.2.01.07 Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi
SUB KEGIATAN 2.19.02.2.01.07 Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi
TUJUAN SUB KEGIATAN Tujuan Program: Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tujuan Kegiatan : 1. Peningkatan kompetensi prestasi siswa 2. Peningkatan harapan lama sekolah 3. Mengurangi potensi pengangguran
KODE SUB KEGIATAN 2.19.02.2.01.07 Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Penerima informasi tentang Beasiswa siswa di Kota Surabaya: L: 1.135 (67,28%) P: 552 (32,72%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi: L: 1.135 (67,28%) P: 552 (32,72%)
    • Jumlah siswa yang menerima beasiswa: Laki-laki: 1.135 (67,28%) Perempuan: 552 (32,72%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal L: 1.135 (67,28%) P: 552 (32,72%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi. Namun jumlah siswa perempuan yang menerima beasiswa lebih rendah. Laki-laki: 67,28% Perempuan: 32,72%
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah siswa yang menerima beasiswa lebih rendah perempuan daripada laki-laki.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Proporsi siswa perempuan yang mendapatkan pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal lebih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya persepsi masyarakat bahwa Pendidikan untuk perempuan kurang penting. 2. Adanya anggapan di masyarakat tentang pencari nafkah utama didominasi laki- laki.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi Laki-laki dari 1.135 (67,28%) Menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%) Meningkatnya jumlah siswa yang mendapat informasi tentang beasiswa Laki-laki dari 1.135 (67,28%) menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%)
    Outcome: Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal Laki-laki dari 1.135 (67,28%) menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 32180037792
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 2.19.02.2.01.07 Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Pemberian Penghargaan Pemuda dan Organisasi Pemuda yang Berjasa dan/atau Berprestasi Laki-laki dari 1.135 (67,28%) Menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%) Meningkatnya jumlah siswa yang mendapat informasi tentang beasiswa Laki-laki dari 1.135 (67,28%) menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%)
Outcome:
Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal Laki-laki dari 1.135 (67,28%) menjadi 1.185 (66.31%) Perempuan dari 552 (32,72%) menjadi 602 (33.69%)