NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2021 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan
Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.21
Penyediaan Biaya
Personil Peserta Didik
Sekolah Dasar |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.21
Penyediaan Biaya
Personil Peserta Didik
Sekolah Dasar |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Agar peserta didik
dapat mendapatkan
layanan pendidikan
tanpa adanya pungutan |
KODE SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.21
Penyediaan Biaya
Personil Peserta Didik
Sekolah Dasar |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah siswa
penerima Biaya
pendidikan
daerah tingkat
SD di Kota
Surabaya:
L: 121.144
(51,54%)
P: 113.883
(48,46%)
- Adanya
kesamaan
akses untuk
mendapatkan
informasi
tentang
Penyediaan
Biaya Personil
Peserta Didik
Sekolah Dasar:
L: 121.144
(51,54%)
P: 113.883
(48,46%)
- Jumlah siswa
yang menerima
biaya
Pendidikan:
Siswa Laki-laki:
121.144
(51,54%)
Siswa
Perempuan:
113.883
(48,46%)
- Pejabat
pengampu
kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Tersedianya
siswa yang
mendapat
pemerataan
aksesbilitas dan
kualitas
pendidikan
formal
L: 121.144
(51,54%)
P: 113.883
(48,46%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses
untuk mendapatkan
informasi tentang
Penyediaan Biaya
Personil Peserta Didik
Sekolah Dasar. Namun
jumlah siswa perempuan
yang menerima Biaya
pendidikan lebih rendah.
Laki-laki: 51,54%
Perempuan: 48,46%
Partisipasi:
Proporsi jumlah siswa
yang menerima biaya
pendidikan lebih rendah
perempuan daripada
laki-laki.
Kontrol:
Pejabat pengawas
Penyediaan Biaya
Personil Peserta Didik
Sekolah Dasar
didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Proporsi siswa
perempuan yang
mendapatkan
pemerataan aksesbilitas
dan kualitas pendidikan
formal lebih rendah
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Adanya
keterbatasan
kuantitas dan
kualitas SDM
perihal
Pembangunan
pengarusutam
aan Gender
2. Adanya
keterbatasan
anggaran.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Adanya
persepsi
masyarakat
bahwa
Pendidikan untuk
perempuan
kurang penting.
2. Adanya
anggapan di
masyarakat
tentang pencari
nafkah utama
didominasi laki-
laki.
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan
kualitas
Pendidikan
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Adanya
kesamaan akses
untuk
mendapatkan
informasi tentang
Penyediaan
Biaya Personil
Peserta Didik
Sekolah Dasar
Siswa Laki-laki
dari 121.144
(51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
Meningkatnya
jumlah siswa
yang menerima
biaya pendidikan
Siswa Laki-laki
dari 121.144
(51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
Outcome: Tersedianya
siswa yang
mendapat
pemerataan
aksesbilitas dan
kualitas
pendidikan formal
Laki-laki dari
121.144 (51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
148048056420 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Adanya
kesamaan akses
untuk
mendapatkan
informasi tentang
Penyediaan
Biaya Personil
Peserta Didik
Sekolah Dasar
Siswa Laki-laki
dari 121.144
(51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
Meningkatnya
jumlah siswa
yang menerima
biaya pendidikan
Siswa Laki-laki
dari 121.144
(51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
Outcome:
Tersedianya
siswa yang
mendapat
pemerataan
aksesbilitas dan
kualitas
pendidikan formal
Laki-laki dari
121.144 (51,54%)
menjadi
121.244(51,54%)
Perempuan dari
113.883
(48,46%)
menjadi 113.983
(48,46%)
|