GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01.21 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.21 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar
TUJUAN SUB KEGIATAN Agar peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan tanpa adanya pungutan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.21 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah siswa penerima Biaya pendidikan daerah tingkat SD di Kota Surabaya: L: 121.144 (51,54%) P: 113.883 (48,46%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar: L: 121.144 (51,54%) P: 113.883 (48,46%)
    • Jumlah siswa yang menerima biaya Pendidikan: Siswa Laki-laki: 121.144 (51,54%) Siswa Perempuan: 113.883 (48,46%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal L: 121.144 (51,54%) P: 113.883 (48,46%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar. Namun jumlah siswa perempuan yang menerima Biaya pendidikan lebih rendah. Laki-laki: 51,54% Perempuan: 48,46%
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah siswa yang menerima biaya pendidikan lebih rendah perempuan daripada laki-laki.
      Kontrol:
      Pejabat pengawas Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Proporsi siswa perempuan yang mendapatkan pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal lebih rendah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM perihal Pembangunan pengarusutam aan Gender 2. Adanya keterbatasan anggaran.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Adanya persepsi masyarakat bahwa Pendidikan untuk perempuan kurang penting. 2. Adanya anggapan di masyarakat tentang pencari nafkah utama didominasi laki- laki.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas Pendidikan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar Siswa Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%) Meningkatnya jumlah siswa yang menerima biaya pendidikan Siswa Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%)
    Outcome: Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 148048056420
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan informasi tentang Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Dasar Siswa Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%) Meningkatnya jumlah siswa yang menerima biaya pendidikan Siswa Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%)
Outcome:
Tersedianya siswa yang mendapat pemerataan aksesbilitas dan kualitas pendidikan formal Laki-laki dari 121.144 (51,54%) menjadi 121.244(51,54%) Perempuan dari 113.883 (48,46%) menjadi 113.983 (48,46%)