GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Kesehatan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Kesehatan
UNIT ORGANISASI Dinas Kesehatan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
KEGIATAN Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Rehabilitasi dan Pemeliharaan Puskesmas
TUJUAN SUB KEGIATAN Menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai standar
KODE SUB KEGIATAN Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat / 1.02.02
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Data Kependudukan warga Kota Surabaya padat tahun 2021 berdasarkan data Dispendukcapil adalah 2.970.952 jiwa, dengan rincian sebagai berikut: L : 1.472.817 jiwa (49,57 persen) P : 1.498.135 jiwa (50,43 persen)
    • Ketersediaan Puskesmas di wilayah Surabaya tersebar pada 5 wilayah pusat, utara, selatan, timur dan barat dengan total 63 puskesmas
    • Dari 63 Puskesmas yang merupakan puskesmas rawat 24 jam one day care sebanyak 22 puskesmas
    • 40 persen dari PKM atau 25 puskesmas yang ada belum sesuai standar alur layanan dikarenakan kondisi bangunan puskesmas yang belum mendukung
    • Jumlah kunjungan pasien puskesmas tahun 2021 1.869.371 orang dengan rincian: L : 758.941 (40,60 persen) P: 1.110.430 (59,40 persen)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Kondisi sarana prasarana puskesmas
      Partisipasi:
      Masyarakat/ Penduduk Kota Surabaya masih ada yang enggan berobat ke PKM
      Kontrol:
      -
      Manfaat:
      Warga Kota Surabaya yang ber KTP Surabaya akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih ada sarana prasarana puskesmas yang belum memperhatikan pasien kelompok rentan 2. Secara menyeluruh, anggaran yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan perbaikan puskesmas cukup besar 3. Belum terstandarisasinya sarana prasarana puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan yang ada misalnya belum terpilah kamar mandi laki-laki dan perempuan 4. Penerima manfaat pelayanan PKM masih didominasi oleh perempuan dibandingkan laki-laki dengan selisih 18,8 persen
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masih ada masyarakat Kota Surabaya yang beranggapan berobat ke PKM ribet dan obatnya selalu generik.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana puskesmas yang sesuai standar dan berkeadilan gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Tersusun laporan identifikasi kebutuhan pemeliharaan PKM serta rencana perbaikannya 2. Tersedianya fasilitas sarana prasarana PKM sesuai standar yang berkeadilan gender 3. Adanya peningkatan jumlah kunjungan pasien PKM dari tahun sebelumnya minimal 3 persen 4. Meningkatnya angka persentase masyarakat Surabaya yang memanfaatkan pelayanan PKM minimal 65 persen memanfaatkan pelayanan PRIM minimal 65K
    Outcome: Menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai standar
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 46522422397
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan identifikasi kondisi sarana prasarana PKM serta merencanakan proses renovasi dan pemeliharaan sesuai hasil identifikasi kebutuhan
Aktivitas 2 Melakukan renovasi dan pemeliharaan sarana prasarana dan bangunan PKM
Aktivitas 3 Promosi terhadap keberadaan dan jenis layanan yang tersedia PKM sehingga semakin dekat dengan masyarakat
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Tersusun laporan identifikasi kebutuhan pemeliharaan PKM serta rencana perbaikannya 2. Tersedianya fasilitas sarana prasarana PKM sesuai standar yang berkeadilan gender 3. Adanya peningkatan jumlah kunjungan pasien PKM dari tahun sebelumnya minimal 3 persen 4. Meningkatnya angka persentase masyarakat Surabaya yang memanfaatkan pelayanan PKM minimal 65 persen memanfaatkan pelayanan PRIM minimal 65K
Outcome:
Menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai standar