GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Wiyung

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Wiyung
UNIT ORGANISASI Kecamatan Wiyung
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemberdaya an Masyarakat di Wilayah Kecamatan
SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Kegiatan Pemberdaya an Masyarakat di Wilayah Kecamatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Peningkatan Mutu Pelayanan Administra si Kemasyarakatan
KODE SUB KEGIATAN Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Warga Kecamatan Wiyung L : 36911 & P "37061
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima informasi tentang Operasional Pengelolahan Administrasi L : 198, P : 13
    • Jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT)yang menerima Operasional pengelolaan Administrasi L : 198, P : 13
    • Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Eselon III: L : 2 P : - Eselon IV: L : 3 P : 1
    • Meningkatnya jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang memperbaiki Mutu pelayanan L : 198, P : 13
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi ten tang Operasional pengelola an Administrasi. Namun Jmlpenerima informasi perem puan lebih rendah daripada laki-laki. Dengan perbandi ngan Laki laki (80%) Perempuan (20 %)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima Operasional pengelolahan Administrasi lebih bayak laki-laki daripada Perempuan, Lk (80%) Pr (20%)
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi laki-laki
      Manfaat:
      Proporsi Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) Laki-laki yang memperbaiki Mutu pelayanan lebih tinggi dari perempuan. Dengan perbandingan laki- laki (80%) Perempuan (20%)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak semua SDM dalam OPD paham ttg konsep Gender atau pembangunan responsif Gender. Kurang tersedianya Operasional pengelo lahan Administrasi untuk mendukung kesetaraan Gender.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa pengelola administrasi pelayanan adalah laki-laki. Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman administrasi pelayanan untuk mendukung kesetaraan Gender.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu pelayanan Tokoh Masyarakat tentang administrasi kema syarakatan baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan akses Meningkatkan akses Operasional Pengelo lahan Adminstrasi dari (2021) L: 200 P:11 Menjadi (2022) L :198 P: 13
    Outcome: Meningkatnya Tokoh Masyarakat yang mem perbaiki mutu pela yanan dari (2021) L: 200 P:11 Menjadi (2022) L :198 P: 13
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 4217768800
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pembayaran Honor para Ketua Lembaga, LPMK, RW dan RT
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan akses Meningkatkan akses Operasional Pengelo lahan Adminstrasi dari (2021) L: 200 P:11 Menjadi (2022) L :198 P: 13
Outcome:
Meningkatnya Tokoh Masyarakat yang mem perbaiki mutu pela yanan dari (2021) L: 200 P:11 Menjadi (2022) L :198 P: 13