GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Gayungan

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Gayungan
UNIT ORGANISASI Kecamatan Gayungan
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum Sesuai Penugasan Kepala Daerah
SUB KEGIATAN Pelaksanaan urusan peemerintahan yang terkait dengan non perizinan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan pelayanan kependudukan di kecamatan
KODE SUB KEGIATAN 7.01.02.2.04.02
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penduduk di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya L: 12307 P: 13334
    • Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan laki-laki sebesar 30 persen sedangkan perempuan 70 persen
    • Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan pada tahun 2022 laki-laki sebesar 1758 sedangkan perempuan sebanyak 1841
    • yang mengawasi dalam kegiatan pelayanan di kecamatan ASN Laki-laki sebesar 14 perempuan sebesar 13 Non ASN laki-laki sebesar 22 perempuan sebesar 9
    • yang mengawasi dalam kegiatan pelayanan di kecamatan Non ASN laki-laki sebesar 13 perempuan sebesar 9
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Seharusnya Lali-laki dan perempuan memiliki akses dan peranan yang sama dalam mengurus pelayanan kependudukan
      Partisipasi:
      Partisipasi perempuan lebih besar dalam mengurus administrasi kependudukan dari pada laki-lak
      Kontrol:
      yang mengawasi dalam kegiatan pelayanan di kecamatan Kecamatan Gayungan ASN Laki-laki sebesar 14 perempuan sebesar 13 kelurahan menanggal ASN Laki-laki sebesar 6 perempuan sebesar 3 Non ASN laki-laki sebesar 4 perempuan sebesar 6 kelurahan Dukuh menanggal ASN Laki-laki sebesar 3perempuan sebesar 6 Non ASN laki-laki sebesar 7 perempuan sebesar 4 kelurahan Gayungan ASN Laki-laki sebesar 3 perempuan sebesar 6 Non ASN laki-laki sebesar 7 perempuan sebesar 4 k Kelurahan Ketintang ASN Laki-laki sebesar 6 perempuan sebesar 5 Non ASN laki-laki sebesar 7 perempuan sebesar 4
      Manfaat:
      Meningkatkan pelayanan kepada masyaralat baik laki-laki maupun perempuan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. terbatasnya SDM untuk memberikan pelayanan kependudukan dalam mengoperasikan aplikasi adminduk 2. Anggaran yang digunakan adalah APBD dan sudah memadai
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi bahwa masyarakat bahwa pelayanan adminiduk adalah urusan perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. meningkatkan partisipasi masyarakat baik laki-laki maupun perempuan dalam pelayanan kependudukan 2. Maningkatkan pelayanan kependudukan yang ada di kecamatan maupun di kelurahan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan laki-laki sebesar 30 persen sedangkan perempuan 70 persen
    Outcome: 1. meningkatkan jumlah administrasi kependudukan di wilayah kecamatan gayungan baik laki-laki maupun perempuan sama besar sekitar 40 persen dibanding 60 pesen
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 27197800
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pelayanan Administrasi Kependudukan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah warga yang mengurus pelayanan kependudukan laki-laki sebesar 30 persen sedangkan perempuan 70 persen
Outcome:
1. meningkatkan jumlah administrasi kependudukan di wilayah kecamatan gayungan baik laki-laki maupun perempuan sama besar sekitar 40 persen dibanding 60 pesen