GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan

NAMA PERANGKAT DAERAH Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan
UNIT ORGANISASI Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Administrasi Pembangunan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Perekonomian dan Pembangunan
KEGIATAN Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa
SUB KEGIATAN
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatnya Persentase ketersediaan barang dan jasa perkantoran
KODE SUB KEGIATAN Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Permasalahan terkait dokumen : 1. Ketidaksesuaian antara realisasi dengan perencanaan. 2. Adanya review design.
    • Adanya Peraturan Pengadaan Barang/Jasa yang berubah dalam melaksanakan kegiatan Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
    • Jumlah pegawai Kelompok Kerja Pemilihan pengadaan barang dan jasa berdasarkan Surat Keputusan Walikota Surabaya No. 6 Tahun 2021 adalah sejumlah 26 orang L = 9 anggota P = 17 anggota
    • Perangkat Daerah memiliki kewenangan untuk mengusulkan ke BPBJAP terkait Pengadaan Barang/Jasa (tender).
    • Perangkat Daerah partisipan mendapat keabsahan, legalitas, dan kemudahan dalam proses pengadaan barang / jasa (tender).
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Semua PD mendapatkan akses dari BPBJAP
      Partisipasi:
      Tidak semua Perangkat Daerah terlibat dalam kegiatan tender
      Kontrol:
      Perangkat Daerah memiliki kewenangan untuk mengusulkan ke BPBJAP terkait Pengadaan Barang/Jasa (tender)
      Manfaat:
      Perangkat Daerah paftisipan mendapat keabsahan, legalitas, dan kemudahan dalam proses pengadaan barang / jasa (tender)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Sebab Kesenjangan lnternal : Kurangnya kompetensi untuk melakukan analisis gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. KArena perencanaan dari PD partisipan belum final sampai dengan waktu yang ditetapkan 2. adanya review design dari PD partisipan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatnya prosentase ketersediaan barang dan jasa perkantoran bagi Perangkat Daerah partisipan. 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Terlaksananya Pendampingan dan pembinaan kelompok kerja pemilihan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa dibidang hukum dan teknis sebanyak 20 kali dalam 1 tahun, yang dilaksanakan oleh Pokja (Kelompok Ke4a) : 17 gender perempuan berbanding dengan 9 gender laki- laki,
    Outcome: Sub Keoiatan : 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 4688948884
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Terlaksananya Pendampingan dan pembinaan kelompok kerja pemilihan dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa dibidang hukum dan teknis sebanyak 20 kali dalam 1 tahun, yang dilaksanakan oleh Pokja (Kelompok Ke4a) : 17 gender perempuan berbanding dengan 9 gender laki- laki,
Outcome:
Sub Keoiatan : 20 Dokumen (Akumulasi) Total Teralokasi : 20 Dokumen