GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Mulyorejo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Mulyorejo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Mulyorejo
TAHUN ANGGARAN 2022
PROGRAM Program Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat
KEGIATAN Operasional pengelolaan Administrasi LPMK, RW,RT
SUB KEGIATAN
TUJUAN SUB KEGIATAN Peningkatan Mutu Pelayanan administrasi kemasyarakatan
KODE SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Warga Kecamatan Mulyorejo: L: 42.698 P: 44.126
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi:L: 322 P: 24
    • Jumlah Tokoh Masyarakat ( LPMK,RW,RT ) yang menerima Operasional pengelolaan Administrasi . L : 322 P : 24
    • Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut Eselon III: L : 1 P : 0 Eselon IV: L : 3 P : 2
    • MeningkatnyajumlahTokohMasyarakat (LPMK,RW,RT) yang memperbaikiMutu pelayanan L : 322 P : 24
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi. Namun jumlah penerimain formasi perempuan lebih rendah dari pada laki – laki. Dengan perbandingan Laki laki (93,06 %) Perempuan (6,94 %)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Tokoh Masyarakat ( LPMK, RW, RT ) yang menerima.Operasional pengelolaan Administrasilebih banyak laki –laki dari pada perempuan dengan presenta selaki –laki sebanyak 93,06% Perempuan 6,94%
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini di dominasi laki – laki
      Manfaat:
      Proporsi Tokoh Masyarakat( LPKM, RW,RT ) laki – laki yang memperbaiki. Mutu pelayanan lebih tinggi dari perempuan Dengan perbandingan Laki laki (93,06%) Perempuan (6,94 %)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Tidaksemua SDM dalam OPD paham tentang konsep Gender atau pembangunan responsif Gender. - Kurang tersedianya Operasional pengelolaan Administrasi untuk mendukung kesetaraan Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa pengelolaan ministrasi pelayanan adalah laki-laki. Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman administrasi pelayanan yang baik
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu pelayananTokohMasyarakat tentanga dministrasi kemasyarakatan baik laki-laki maupun perempuan.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan aksesin formasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi. (2022) L : 93,35 % P : 6,65 %
    Outcome: eningkatnya Tokoh Masyarakat (LPMK,RW, RT) yang memperbaiki Mutu pelayanandari (2022) L : 93,35 % P : 6,65 %
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 5913024600
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Biaya Operasional Ketua Rukun Warga (RW)
Aktivitas 2 Biaya Operasional Ketua Rukun Tetangga (RT)
Aktivitas 3 Biaya Operasional Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK)
Aktivitas 4 Biaya Langganan Internet Up to 20 Mbps Kec. Mulyorejo
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan aksesin formasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi. (2022) L : 93,35 % P : 6,65 %
Outcome:
eningkatnya Tokoh Masyarakat (LPMK,RW, RT) yang memperbaiki Mutu pelayanandari (2022) L : 93,35 % P : 6,65 %