GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Benowo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Benowo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Benowo
TAHUN ANGGARAN 2021
PROGRAM Program Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat
KEGIATAN Operasional Pengelolaan Administrasi LPMK RW RT
SUB KEGIATAN
TUJUAN SUB KEGIATAN Peningkatan Mutu Pelayanan Administratif Kemasyarakatan
KODE SUB KEGIATAN 2.1 .2.01.03.0003
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Warga Kecamatan Benowo L:34.041 P :34.'173
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yang Menerima Informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi
    • Jumlah Tokoh Masyarakat RT RW LPMK yang Menerima Operasional Pengelolaan Administrasi
    • Pejabat yang melakukan pengawasan kegiatan tersebut
    • Meningkatnya jumlah tokoh masyarakat RT RW LPMK yang memperbaiki mutu pelayanan
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi, Namun Jumlah Penerima Informasi perempuan lebih rendah dari pada perbandingan laki laki yakni 90 persen dibanding perempuan 10 persen
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah tokoh masyarakat yang menerima menerima informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi dengan presentase laki laki 90 persen dan Perempuan 10 persen
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang didominasi laki laki
      Manfaat:
      Proporsi tokoh masyarakat LPMK RW RT laki laki yang memperbaiki mutu pelayanan lebih tinggi dari perempuan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak Semua SDM dalam OPD faham tentang Konsep Gender atau pembangunan responsif gender kurang tersedianya operasional pengelolaan administrasi untuk mendukung kesetaraan gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa pengelola administrasi pelayanan adalah laki laki
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu tokoh pelayanan masyarakat
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkat kan akses informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi pada tokoh masyarakat
    Outcome: Meningkatnya tokoh masyarakat yang memperbaiki mutu kualitas pelayanan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1.777675000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Monitoring Pengelolaan Administrasi Pelayanan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkat kan akses informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi pada tokoh masyarakat
Outcome:
Meningkatnya tokoh masyarakat yang memperbaiki mutu kualitas pelayanan