GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Karang Pilang

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Karang Pilang
UNIT ORGANISASI Kecamatan Karang Pilang
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang Ada di Kecamatan
SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Banyaknya laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
KODE SUB KEGIATAN 7.01.03.2
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Kelompok Masyarakat yang terlibat dalam sub kegiatan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan Karang Pilang : 4 LPMK, 29 RW, 187 RT
    • Meningkatkan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
    • Pembayaran JKK dan JKM bagi 220 Ketua Lembaga se Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya
    • Ketua Lembaga terdiri dari : LPMK : 4 L : 3 (75%) P : 1 (25%) RT : 187 L : 163 (87.17%) P : 24 (12.83%) RW : 29 L : 28 (96.55%) P : 1 (3.45%)
    • -
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses bagi semua warga baik laki-laki, perempuan, tua, muda, anak-anak, sehat, sakit, cacat dan berkebutuhan khusus untuk dapat menerima pelayanan kependudukan maupun pelayanan lainnya. L : 40 orang (54%) P : 34 orang (46%)
      Partisipasi:
      Partisipasi petugas penyelia RW dan ketua Kelompok Masyarakat sudah sangat maksimal.
      Kontrol:
      Pelaksana pelayanan kepada masyarakat adalah Pegawai kecamatan, Ketua Kelompok masyarakat yang dilaksanakan di Balai RW.
      Manfaat:
      bagi warga penyandang disabilitas belum mendapatkan pelayanan yang maksimal, baik berupa fasilitas pelayanan maupun jenis pelayanan yang ditawarkan. sehingga mereka belum bisa menerima manfaat yang maksimal.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak semua petugas penyelia RW mampu menguasai semua jenis pelayanan, sehingga pada pelayanan tertentu hasilnya menjadi kurang maksimal.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Fasilitas balai RW kurang ramah terhadap disabilitas; 2. Ketua Kelompok Masyarakat kurang memahami jenis pelayanan.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Melibatkan kader surabaya hebat (KSH) dan karang taruna dalam kegiatan pelayanan sehingga partisipasi perempuan menjadi lebih banyak
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Kelompok Masyarakat yang ikut berperan dalam kegiatan pelayanan pemerintahan di kecamatan bertambah
    Outcome: 1. Persentase jenis pelayanan yang dinilai baik oleh masyarakat 2. Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan 3. Jumlah Laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 11880000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Rapat Musyawarah Pembangunan Kelurahan di Tingkat Kelurahan
Aktivitas 2 Rapat Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Kelompok Masyarakat yang ikut berperan dalam kegiatan pelayanan pemerintahan di kecamatan bertambah
Outcome:
1. Persentase jenis pelayanan yang dinilai baik oleh masyarakat 2. Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan 3. Jumlah Laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan