GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Wonokromo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Wonokromo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Wonokromo
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran
KODE SUB KEGIATAN 7.01.03
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Wonokromo : 1. UMKM Makanan dan Minuman L: 146 P: 466
    • difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. Toko online 3. Kerjasama dengan hotel (hampers) 4. bazar UMKM dilakukan secara rutin 5. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Wonokromo Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2022 L: 5 P: 3 Jumlah Petugas tugas pendataan Tahun 2022 : L = 1 P = 5
    • Jumlah UMKM UMKM aktif : 951 UMKM yang tidak aktif :
    • Melakukan pembinaan : 1. Pembinaan Pembuatan Produk : 2 kali 2. Pembinaan Pengemasan Produk : 1 kali 3. Pembinaan Pemasaran Produk : 1 kali 4. Pembinaan Pengurusan Perijinan : 4 kali
    • Fasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan Jumlah UMKM yang ber NIB : 593 Jumlah UMKM yang belum ber NIB : 351
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
      Partisipasi:
      Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
      Kontrol:
      Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban UMKM
      Manfaat:
      Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM Didapat data pelaku Usaha mikro baik yang ber NIB atau belum, sehingga bermanfat sebagai masukan untuk menetukan intervensi yang tepat bagi UMKM agar meningkat/ berdaya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatan-kegiatan terkait urusan kesra lebih sesuai jika dilaksanakan perempuan - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembangan usahanya
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat atau pengusaha
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada tahun berjalan (t)
    Outcome: Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 8640000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada tahun berjalan (t)
Outcome:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat