NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Kecamatan Wonokromo |
UNIT ORGANISASI
|
Kecamatan Wonokromo |
TAHUN ANGGARAN
|
2024 |
PROGRAM
|
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN |
KEGIATAN
|
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan |
SUB KEGIATAN
|
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran |
KODE SUB KEGIATAN
|
7.01.03 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Wonokromo : 1. UMKM Makanan dan Minuman L: 146 P: 466
- difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. Toko online 3. Kerjasama dengan hotel (hampers) 4. bazar UMKM dilakukan secara rutin 5. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Wonokromo Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2022 L: 5 P: 3 Jumlah Petugas tugas pendataan Tahun 2022 : L = 1 P = 5
- Jumlah UMKM UMKM aktif : 951 UMKM yang tidak aktif :
- Melakukan pembinaan : 1. Pembinaan Pembuatan Produk : 2 kali 2. Pembinaan Pengemasan Produk : 1 kali 3. Pembinaan Pemasaran Produk : 1 kali 4. Pembinaan Pengurusan Perijinan : 4 kali
- Fasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan Jumlah UMKM yang ber NIB : 593 Jumlah UMKM yang belum ber NIB : 351
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Pelaku usaha mendapatkan akses dari kecamatan
Partisipasi:
Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
Kontrol:
Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban UMKM
Manfaat:
Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM Didapat data pelaku Usaha mikro baik yang ber NIB atau belum, sehingga bermanfat sebagai masukan untuk menetukan intervensi yang tepat bagi UMKM agar meningkat/ berdaya
- Sebab Kesenjangan Internal :
Kurangnya sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatan-kegiatan terkait urusan kesra lebih sesuai jika dilaksanakan perempuan - Kurangnya motivasi bagi UMKM dalam pengembangan usahanya
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi pemasaran dengan mempertimbangkan partisipasi masyarakat atau pengusaha
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada tahun berjalan (t)
Outcome: Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
8640000 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat pada tahun berjalan (t)
Outcome:
Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat
|