GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Sukomanunggal

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Sukomanunggal
UNIT ORGANISASI Kecamatan Sukomanunggal
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK
KEGIATAN Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang terkait dengan Nonperizinan
TUJUAN SUB KEGIATAN Terselesaikannya pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan dan non perizinan
KODE SUB KEGIATAN PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Kebutuhan Masyarakat dalam pelayanan
    • Jumlah Penduduk Kecamatan Sukomanunggal Per 31 Desember 2023 L = 52.030 P = 52.756 Jumlah RW se Kecamatan Sukomanunggal sejumlah RW = 36
    • Kelurahan Putat Gede : LPMK : 1 ( L= 1) RW : 4 ( P = 1 L = 3) RT : 18 ( P= 4 L= 14) Kelurahan Simomulyo : LPMK : 1 (L= 1) RW : 7 (P= 1 L= 6) RT : 51 (P= 5 L= 46)
    • Kelurahan Simomulyo Baru : LPMK : 1 (L= 1) RW :10 (P= 0 L= 10) RT :97 (P= 10 L= 87) Kelurahan Sonokwijenan : LPMK :1 (L= 1) RW :6 (P= 1 L= 5) RT :36 (P= 5 L= 31)
    • Kelurahan Sukomanunggal : LPMK :1 (L= 1) RW :5 (P= 1 L= 4) RT :32 (P= 6 L= 26) Kelurahan Tanjungsari : LPMK :1 (L= 1) RW :4 (P= 0 L= 4) RT :47 (P= 6 L= 41)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses dalam mendapatkan informasi terkait dengan pemahaman dalam mendapatkan pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik
      Partisipasi:
      Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, setiap individu perlu menghindari adanya sikap diskriminasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat
      Kontrol:
      Yang memiliki kontrol dalam pelayanan pemerintahan dan pelayanan publik adalah Camat melalui Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik
      Manfaat:
      Memudahkan Masyarakat dalam Pengurusan Kependudukan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang Gender/Responsif gender. Kurang tersedianya operasional pengelola administasi untuk mendukung kesetaraan gender.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap prosedur dan akses layanan oublik
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Tujuan pelaksanaan subkegiatan adalah untuk memudahkan dalam pengurusan kependudukan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Tercapainya data terpilah untuk laporan kepengurusan administrasi kependudukan
    Outcome: Masyarakat memperoleh kemudahan dalam Pengurusan Kependudukan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 8504693
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1)Laporan Harian dan Bulanan 2)Monitoring Kegiatan
Aktivitas 2 Laporan Harian dan Bulanan
Aktivitas 3 Monitoring Kegiatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Tercapainya data terpilah untuk laporan kepengurusan administrasi kependudukan
Outcome:
Masyarakat memperoleh kemudahan dalam Pengurusan Kependudukan