GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Sukomanunggal

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Sukomanunggal
UNIT ORGANISASI Kecamatan Sukomanunggal
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Penyediaan Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
KODE SUB KEGIATAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Pemenuhan jaringan internet untuk RW di lingkungan kelurahan
    • Jumlah Penduduk Kecamatan Sukomanunggal Per 31 Desember 2023 L = 52.030 P = 52.756 Jumlah RW se Kecamatan Sukomanunggal sejumlah RW = 36
    • Kelurahan Putat Gede : LPMK : 1 ( L= 1) RW : 4 ( P = 1 L = 3) RT : 18 ( P= 4 L= 14) Kelurahan Simomulyo : LPMK : 1 (L= 1) RW : 7 (P= 1 L= 6) RT : 51 (P= 5 L= 46)
    • Kelurahan Simomulyo Baru : LPMK : 1 (L= 1) RW :10 (P= 0 L= 10) RT :97 (P= 10 L= 87) Kelurahan Sonokwijenan : LPMK :1 (L= 1) RW :6 (P= 1 L= 5) RT :36 (P= 5 L= 31)
    • Kelurahan Sukomanunggal : LPMK :1 (L= 1) RW :5 (P= 1 L= 4) RT :32 (P= 6 L= 26) Kelurahan Tanjungsari : LPMK :1 (L= 1) RW :4 (P= 0 L= 4) RT :47 (P= 6 L= 41)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses internet di Balai RW
      Partisipasi:
      Masih minimnya warga menggunakan internet secara online dalam kepengurusan kependudukan
      Kontrol:
      Lembaga masyarakat setempat
      Manfaat:
      1) Membantu Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam pengurusan adminduk 2) Membantu warga sekitar khususnya yang anak-anaknya yang masih bersekolah
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak semua SDM dalam OPD paham tentang Gender/Responsif gender. Kurang tersedianya operasional pengelola administasi untuk mendukung kesetaraan gender.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1)Adanya persepsi masyarakat bahwa lembaga RW adalah laki-laki. 2)Adanya anggapan bahwa perempuan hanya beraktifitas untuk pengurusan Rumah Tangga
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup RT, RW, dan LPMK dengan tersedianya internet di Balai RW
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Memberikan kemudahan bagi warga khususnya Ketua RT dan RW 2. Banyaknya Warga yang terbantu
    Outcome: Membantu Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam pengurusan adminduk
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 113886000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Monitoring Balai RW Bulanan
Aktivitas 2 Laporan Kecepatan Akses Jaringan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Memberikan kemudahan bagi warga khususnya Ketua RT dan RW 2. Banyaknya Warga yang terbantu
Outcome:
Membantu Masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam pengurusan adminduk