GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Tambaksari

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Tambaksari
UNIT ORGANISASI Kecamatan Tambaksari
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik
KEGIATAN Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak Dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang Ada di Kecamatan
SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Menyusun Laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
KODE SUB KEGIATAN 7.01.02.2.02.0003
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Meningkatkan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
    • Pembayaran JKK dan JKM bagi 751 Ketua Lembaga se Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya
    • Ketua Lembaga terdiri dari : LPMK : 8 L : 8 P : - RT : 663 L : 591 P : 72 RW : 78 L : 72 P : 6
    • Ketua Lembaga terdiri dari : LPMK : 8 L : 8 P : - RT : 663 L : 591 P : 72 RW : 78 L : 72 P : 6
    • Ketua Lembaga terdiri dari : LPMK : 8 L : 8 P : - RT : 663 L : 591 P : 72 RW : 78 L : 72 P : 6
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Akses banyak didominasi oleh laki-laki karena para tokoh masyarakat banyak yang laki-laki
      Partisipasi:
      Partisipan kegiatan lebih didominasi laki-laki
      Kontrol:
      Tim dari Kasi Pemerintahan Kecamatan dengan Kepala Seksi Perempuan
      Manfaat:
      Manfaat kegiatan ini banyak diperoleh laki-laki
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Sarana & Prasarana yang belum mendukung - SDM yang berwawasan gender cukup terbatas
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Adanya anggapan dari masyarakat jika pendataan lebih cocok dilakukan laki-laki - Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman administrasi pelayanan yang baik
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kinerja tokoh masyarakat yang melaksanakan tugasnya
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Melakukan pendataan dan sosialisasi :1 Kegiatan Monitoring Pengelolaan Administrasi Pelayanan : 12 kegiatan
    Outcome: Outcome 1. Indikator Program: Persentase data terverifikasi yang dibutuhkan Perangkat Daerah : 100% 2. Indikator Kegiatan: Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan : 751 lembaga 3. Indikator Sub kegiatan: Jumlah Laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan: 12 laporan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 40446000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan pendataan dan sosialisasi
Aktivitas 2 Monitoring Pengelolaan Administrasi Pelayanan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Melakukan pendataan dan sosialisasi :1 Kegiatan Monitoring Pengelolaan Administrasi Pelayanan : 12 kegiatan
Outcome:
Outcome 1. Indikator Program: Persentase data terverifikasi yang dibutuhkan Perangkat Daerah : 100% 2. Indikator Kegiatan: Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan : 751 lembaga 3. Indikator Sub kegiatan: Jumlah Laporan Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan: 12 laporan