GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Mulyorejo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Mulyorejo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Mulyorejo
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat dibidang ekonomi serta memfasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi serta pemasaran
KODE SUB KEGIATAN 7.01.03.2.03.0004 / Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jenis UMKM yang ada di Kecamatan Mulyorejo 1. UMKM Makanan dan Minuman 2. UMKM Handycraft 3. UMKM Tokel L : 850 P : 1312 Jumlah UMKM Aktif : 1760 UMKM Tidak Aktif : 402
    • - Memfasilitasi Pengurusan NIB yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan. Jumlah UMKM yang ber NIB : 250 orang Jumlah UMKM yang belum ber NIB : 1912
    • Melakukan pembinaan : 1. Pembinaan Pembuatan Produk : 2 kali 2. Pembinaan Pengemasan Produk : 2 kali 3. Pembinaan Pemasaran Produk : 2 kali 4. Pembinaan UMKM 2 kali 5. Sosialisasi dan pembuatan NIB 4 kali
    • difasilitasi untuk pemasaran melalui : 1. epeken 2. toko online 3. bazar UMKM dilakukan apabila ada acara / kegiatan di Kec. Mulyorejo 4. Galery UMKM di Kantor Kecamatan Mulyorejo 5. Memfasilitasi penitipan produk UMKM di panti PKK Kota Surabaya
    • Pejabat Pelaksana sub kegiatan 2024 L : 2 P : 0 Jumlah Petugas tugas pendataan Tahun 2024 : L = 2 P = 10
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Pelaku usaha ( UMKM ) mendapatkan akses / fasilitasi dari kecamatan
      Partisipasi:
      Tidak semua Pelaku usaha berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan dikecamatan
      Kontrol:
      Kelompok UMKM mengikuti pelatihan berdasarkan undangan dari kecamatan dan rekomendasi dari Paguyuban /Koordinator UMKM
      Manfaat:
      Peningkatan ekonomi keluarga bagi pelaku UMKM Didapat data pelaku Usaha mikro baik yang ber NIB atau belum, sehingga bermanfat sebagai penentu intervensi yang diberikan kepada UMKM agar meningkat/ berdaya saing.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Kurangnya frekwensi sosialisasi dalam pengurusan NIB - SDM yang melaksanakan pendataan masih orang yang sama
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Kelompok UMKM dalam Paguyuban belum memahami pentingnya NIB - Adanya persepsi dari masyarakat jika kegiatan UMKM banyak dilaksanakan perempuan dari pada laki2 - Kurangnya motivasi dan suport yang diberikan bagi UMKM dalam pengembangan usahanya.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat dibidang ekonomi serta memfasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas produksi serta pemasaran
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah laporan pendataan suvey dan monitoring evaluasi UMKM = 11 Laporan ( laporan dilakukan per bulan )
    Outcome: Indikator sub kegiatan : Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat Indikator kegiatan : Jumlah Potensi Usaha yang difasilitasi : 1760 UMKM Indikator Program : Persentase Potensi Usaha yang difasilitasi 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 21060000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah laporan pendataan suvey dan monitoring evaluasi UMKM = 11 Laporan ( laporan dilakukan per bulan )
Outcome:
Indikator sub kegiatan : Jumlah frekuensi fasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat Indikator kegiatan : Jumlah Potensi Usaha yang difasilitasi : 1760 UMKM Indikator Program : Persentase Potensi Usaha yang difasilitasi 100%