GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Mulyorejo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Mulyorejo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Mulyorejo
TAHUN ANGGARAN 2024
PROGRAM Program Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat
KEGIATAN Operasional Pengelolaan Administrasi LPMK,RW,RT
SUB KEGIATAN Operasional Pengelolaan Administrasi LPMK,RW,RT
TUJUAN SUB KEGIATAN Peningkatan Mutu Pelayanan Administrasi Kemasyarakatan
KODE SUB KEGIATAN 7.01.02.2.02.0003 / Peningkatan Efektifitas Pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Warga Kecamatan Mulyorejo L : 42.698 P : 44.126
    • Jumlah Tokoh Masyarakat yang menerima informasi tentang Operasional Pengelolaan Administrasi : L : 322 P : 24
    • Jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima Operasional Administrasi L : 322 P : 24
    • Pejabat yang melakukan pengawasan pada kegiatan tersebut : Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 3 P : 2
    • Meningkatnya jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang memperbaiki mutu pelayanan L : 322 P : 24
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi tentang Operasional pengelolaan Administrasi, namun jumlah penerimaan formasi perempuan lebih rendah dari pada laki-laki dengan perbandingan laki-laki (93,06%) perempuan (6,94%)
      Partisipasi:
      Proposi jumlah Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) yang menerima operasional pengelolaan Administrasi lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan laki-laki sebanyak 93, 06 % Perempuan 6,94%
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini di dominasi laki-laki
      Manfaat:
      Proporsi Tokoh Masyarakat (LPMK,RW,RT) laki-laki yang memperbaiki. Mutu pelayanan lebih tinggi dari perempuan dengan perbandingan laki-laki (93,06%) Perempuan (6,94%)
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Tidak Semua SDM dalam OPD paham tentang konsep Gender atau pembangunan responsif Gender - Kurang tersedianya operasional Administrasi untuk mendukung kesetaraan Gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Adanya Persepsi masyarakat bahwa pengelolaan administrasi pelayanan adalah laki-laki - Adanya anggapan bahwa perempuan belum punya kemampuan pemahaman administrasi pelayanan yang baik.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan mutu pelayanan Tokoh Masyarakat tentang administrasi kemasyarakatan baik laki-laki maupun perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan akses informasi tentang operasional pengelolaan administrasi (2023) L : 93,35 % P : 6,65 % Menjadi (Tahun 2024) L : 93,06 % P : 6,94 %
    Outcome: Meningkatnya Tokoh (LPMK,RW,RT) yang memperbaiki mutu pelayanan dari (2023) L : 93,35% P : 6,65% Menjadi (2024) L : 93,06% P : 6,65%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 18684000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Peningkatan Efektifitas Pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan akses informasi tentang operasional pengelolaan administrasi (2023) L : 93,35 % P : 6,65 % Menjadi (Tahun 2024) L : 93,06 % P : 6,94 %
Outcome:
Meningkatnya Tokoh (LPMK,RW,RT) yang memperbaiki mutu pelayanan dari (2023) L : 93,35% P : 6,65% Menjadi (2024) L : 93,06% P : 6,65%