GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan
UNIT ORGANISASI Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri
KEGIATAN Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri
SUB KEGIATAN Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Tingkat Kabupaten/Kota
TUJUAN SUB KEGIATAN Melakukan Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail, Marketplace, Perhotelan dan Jasa Akomodasi bagi Pelaku usaha mikro
KODE SUB KEGIATAN 3.30.07.2.01.02
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah UMKM yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 UMKM dengan rincian : L: 1.386 orang P: 3.784 orang Rencana anggaran tahun 2023 akan memfasilitasi sebanyak 5220 pelaku usaha mikro sesuai perencanaan tahunan
    • Jumlah UMKM yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 UMKM dengan rincian : L: 1.386 orang P: 3.784 orang Rencana anggaran tahun 2023 akan memfasilitasi sebanyak 5220 pelaku usaha mikro sesuai perencanaan tahunan
    • Jumlah UMKM yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 UMKM dengan rincian : L: 1.386 orang P: 3.784 orang Rencana anggaran tahun 2023 akan memfasilitasi sebanyak 5220 pelaku usaha mikro sesuai perencanaan tahunan
    • Jumlah UMKM yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 UMKM dengan rincian : L: 1.386 orang P: 3.784 orang Rencana anggaran tahun 2023 akan memfasilitasi sebanyak 5220 pelaku usaha mikro sesuai perencanaan tahunan
    • Jumlah UMKM yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 UMKM dengan rincian : L: 1.386 orang P: 3.784 orang Rencana anggaran tahun 2023 akan memfasilitasi sebanyak 5220 pelaku usaha mikro sesuai perencanaan tahunan
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Baik laki-laki maupun perempuan mendapat akses informasi secara seimbang melalui melalui media sosial grup UMKM serta terdapat pendamping sebagai penyebar berita ke masyarakat
      Partisipasi:
      Partisipan kegiatan lebih didominasi oleh perempuan dengan rincian : L: 27% P: 73%
      Kontrol:
       Tim dari bidang pemberdayaan usaha mikro yang dipimpin oleh Kepala Bidang perempuan 1 orang  Sub Koordinator Pembinaan dan Pengawasan Usaha Mikro yang dipimpin oleh 1 orang perempuan
      Manfaat:
      Manfaat kegiatan Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri lebih banyak diperoleh perempuan, yaitu : L: 1.386 orang P: 3.784 orang
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
       Belum semua sarana dan prasarana sepenuhnya mendukung upaya pengurangan gender gap;  Masih adanya budaya organisasi yang menganggap bahwa pelaku usaha mikro yang lebih aktif adalah perempuan.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      - Regulasi terkait isu gender kurang tersampaikan kepada masyakarat; - Lingkungan masyarakat yang kurang peka terhadap isu gender; - Pelaku usaha mikro mayoritas dari gender perempuan karena mereka berupaya membantu perekonomian keluarga sehingga memperoleh penghasilan tambahan; - Bahwa usaha mikro masih belum menjadi pilihan utama mayoritas gender laki-laki dalam usaha untuk memperoleh penghasilan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. Meningkatkan jumlah UMKM yang Melakukan Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail, Marketplace, Perhotelan dan Jasa Akomodasi baik laki-laki maupun perempuan yang responsif gender; 2. Melakukan sosialisasi terkait regulasi serta pemahaman isu kesetaraan gender secara masif pada setiap kegiatan yang melibatkan pelaku usaha mikro; 3. Melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap pelaku usaha mikro yang akan diberikan intervensi; 4. Meningkatkan kualitas produk dan pemasaran produk tanpa memperhatikan laki-laki maupun perempuan.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah usaha mikro yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 pelaku usaha mikro dengan rincian : 1.102 orang yang difasilitasi bazaar, pameran, gelar produk, dan intervensi lain dengan rincian : L : 230 orang P : 872 orang 432 orang yang difasilitasi Car Free Day dengan rincian : L : 61 orang P : 371 orang 2.752 orang yang difasilitasi di e-Peken dengan rincian : L : 950 orang P : 1.802 orang 884 orang yang difasilitasi pembuatan NIB dengan rincian : L : 145 orang P : 739 orang
    Outcome: Persentase usaha mikro yang mendapat fasilitasi pemasaran
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 6052623411
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah usaha mikro yang mengikuti Pelaksanaan Promosi, Pemasaran, dan Peningkatan Produk Dalam Negeri tahun 2022 sebanyak 5.170 pelaku usaha mikro dengan rincian : 1.102 orang yang difasilitasi bazaar, pameran, gelar produk, dan intervensi lain dengan rincian : L : 230 orang P : 872 orang 432 orang yang difasilitasi Car Free Day dengan rincian : L : 61 orang P : 371 orang 2.752 orang yang difasilitasi di e-Peken dengan rincian : L : 950 orang P : 1.802 orang 884 orang yang difasilitasi pembuatan NIB dengan rincian : L : 145 orang P : 739 orang
Outcome:
Persentase usaha mikro yang mendapat fasilitasi pemasaran