GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Wonocolo

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Wonocolo
UNIT ORGANISASI Kecamatan Wonocolo
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Program PemberdayaanMasyarakat Desa Dan Kelurahan
KEGIATAN Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bendul Merisi
SUB KEGIATAN Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan kapasitas Pokmas dan Ormas yang Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan
KODE SUB KEGIATAN Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bendul Merisi
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penduduk di wilayah Kelurahan Bendul Merisi : L : 8.162 P : 8.962 Jumlah RT tahun 2023: L : 49 orang P : 9 orang Jumlah RW tahun 2023 : L : 12 orang P : 0 orang
    • Jumlah Keluarga Miskin di Kelurahan : 739 KK 1. KKL (Kepala Keluarga Laki-laki) : 8.670 2. KKP (Kepala Keluarga Perempuan) : 1.235
    • Jumlah Pokmas di Kelurahan 2 Pokmas : 1. Pokmas Pembangunan L : 4 orang P : 0 Orang 2. Pokmas Permakanan L : 2 Orang P : 6 Orang
    • Jumlah Ormas di Kelurahan : KSH : 190 orang L : 1 P : 189
    • Kelompok Tani: 1 Kel L: 0 P: 22 Karang Taruna: L : 0 P : 0 Jumlah UMKM: 103 UMKM Yasinta : 30 Orang L : 0 P : 30 orang
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Dalam hal berkegiatan di RT dan RW dapat diikuti oleh laki-laki dan perempuan
      Partisipasi:
      Lebih Banyak Perempuan yang mendominasi kegiatan daripada laki-laki dengan perbandingan
      Kontrol:
      Masyarakat dapat hadir sesuai atas kehendak / inisiatif sendiri untuk mengikuti Kegiatan
      Manfaat:
      Kegiatan lebih banyak
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      • Masih adanya SDM di tingkat kelurahan yang belum memahami tentang konsep gender • Kurangnya jumlah SDM yang memadai dan berpotensi untuk
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masih adanya pemahaman di masyarakat pola piker patriarki bahwa yang lebih aktif dan produktif dalam kegiatan kepengurusan adalah laki-laki di dominasi oleh laki-laki. Adanya persepsi dari masyarakat bahwa perempuan tidak boleh lebih sering diluar rumah
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kapasitas Pokmas dan Ormas yang Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan dengan pemenuhan kebutuhan operasional
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: 1. Pengadaan Komputer Desktop Setara Core i3 inc. Layar Min. 21,5 inch, Keyboard, Mouse dan Windows 10 (Min. Gen 10th untuk Intel / Min 3000 Series untuk AMD, RAM Min. 4 GB, Min. VGA Onboard, Min. HDD 1 TB atau SSD 512 GB) sebanyak 30 Unit dengan total alokasi dana sebesar Rp 260.406.000,- 2. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Pemadam Kebakaran) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 3. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 4. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 5. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 6. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 7. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 8. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 9. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 10. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 11. Biaya transport lokal (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,- 12. Biaya transport lokal (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,- 13. Biaya transport lokal (Pelatihan Pennggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,-
    Outcome: Jumlah Pokmas dan Ormas yang mengikuti Kegiatan 1. Laki-laki dari (0 %) 2022 menjadi (6%) 2023 2. Perempuan dari (0 %) 2022 menjadi (3%) 2023
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1078220487
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1. Pengadaan Komputer Desktop Setara Core i3 inc. Layar Min. 21,5 inch, Keyboard, Mouse dan Windows 10 (Min. Gen 10th untuk Intel / Min 3000 Series untuk AMD, RAM Min. 4 GB, Min. VGA Onboard, Min. HDD 1 TB atau SSD 512 GB)
Aktivitas 2 2. Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Pemadam Kebakaran)
Aktivitas 3 3. Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin)
Aktivitas 4 4. Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Pennggulangan Bencana)
Aktivitas 5 5. Bahan Praktek (Pelatihan Pemadam Kebakaran)
Aktivitas 6 6. Bahan Praktek (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin)
Aktivitas 7 7. Bahan Praktek (Pelatihan Pennggulangan Bencana)
Aktivitas 8 8. Snack (Pelatihan Pemadam Kebakaran)
Aktivitas 9 Snack (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin)
Aktivitas 10 Snack (Pelatihan Pennggulangan Bencana)
Aktivitas 11 Biaya transport lokal (Pelatihan Pemadam Kebakaran)
Aktivitas 12 Biaya transport lokal (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin)
Aktivitas 13 Biaya transport lokal (Pelatihan Pennggulangan Bencana)
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
1. Pengadaan Komputer Desktop Setara Core i3 inc. Layar Min. 21,5 inch, Keyboard, Mouse dan Windows 10 (Min. Gen 10th untuk Intel / Min 3000 Series untuk AMD, RAM Min. 4 GB, Min. VGA Onboard, Min. HDD 1 TB atau SSD 512 GB) sebanyak 30 Unit dengan total alokasi dana sebesar Rp 260.406.000,- 2. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Pemadam Kebakaran) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 3. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 4. Terlaksananya Pembayaran Honorarium Narasumber Setingkat Staff (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.000.000,- 5. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 6. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 7. Pembelian Bahan Praktek (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.500.000,- 8. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 9. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 10. Pembelian Snack (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 220.000,- 11. Biaya transport lokal (Pelatihan Penanggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,- 12. Biaya transport lokal (Pelatihan Tata Kecantikan Rias Pengantin) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,- 13. Biaya transport lokal (Pelatihan Pennggulangan Bencana) 10 orang / jam dengan total alokasi dana sebesar Rp. 750.000,-
Outcome:
Jumlah Pokmas dan Ormas yang mengikuti Kegiatan 1. Laki-laki dari (0 %) 2022 menjadi (6%) 2023 2. Perempuan dari (0 %) 2022 menjadi (3%) 2023