NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Kecamatan Tandes |
UNIT ORGANISASI
|
Kecamatan Tandes |
TAHUN ANGGARAN
|
2025 |
PROGRAM
|
Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan |
KEGIATAN
|
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan tingkat kecamatan |
SUB KEGIATAN
|
Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan Jumlah Frekuensi Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat |
KODE SUB KEGIATAN
|
7.01.03.2.03.0004 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah UMKM/Pelaku Usaha di wilayah Kecamatan Tandes
L : 1894 P : 2428
- Jumlah UMKM/Pelaku Usaha yang di intervensi di wilayah Kecamatan Tandes :
L : 950 P : 2300
- dan pemberian fasilitas dalam memasarkan produk secara digitalisasi berupa aplikasi e-Peken
- .
- .
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi dan mengikuti sosialisasi dengan perbandingan Laki laki (41%) Perempuan (59%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif lebih banyak perempuan daripada laki-laki dengan presentase laki- laki sebanyak 41%, perempuan 59%.
Kontrol:
Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi laki-laki.
Manfaat:
meningkatkan peran usaha mikro dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi
- Sebab Kesenjangan Internal :
-Tidak semua Pelaku usaha Paham dan mengerti tentang pengembangan usaha yang dimiliki
-Kurangnya kuantitas SDM di kecamatan tandes dalam pendampingan kepada pelaku usaha
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
-Adanya persepsi di masyarakat bahwa Pelaku UMKM lebih baik perempuan karena dianggap lebih telaten
-Adanya anggapan bahwa laki-laki lebih sulit meluangkan waktu karena sebagai pencari nafkah utama
dalam keluarga
-Belum memanfaatkan dengan maksimal penggunaan teknologi dalam melakukan pemasaran produk (digital marketing)
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
-Meningkatkan pengetahuan pelaku usaha / UMKM tentang peluang usaha dan ilmu marketing.
-Mempermudah pelaku usaha dalam memasarkan produk secara digitalisasi dan lebih efisiensi waktu (pemasaran produk lewat social media dan epeken)
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM
dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
Outcome: Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi
(2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
2280000 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM
dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
Outcome:
Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi
(2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
|