GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Tandes

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Tandes
UNIT ORGANISASI Kecamatan Tandes
TAHUN ANGGARAN 2025
PROGRAM Pemberdayaan Mayarakat Desa dan Kelurahan
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan tingkat kecamatan
SUB KEGIATAN Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Jumlah Frekuensi Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat
KODE SUB KEGIATAN 7.01.03.2.03.0004
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah UMKM/Pelaku Usaha di wilayah Kecamatan Tandes L : 1894 P : 2428
    • Jumlah UMKM/Pelaku Usaha yang di intervensi di wilayah Kecamatan Tandes : L : 950 P : 2300
    • dan pemberian fasilitas dalam memasarkan produk secara digitalisasi berupa aplikasi e-Peken
    • .
    • .
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan kesempatan menerima informasi dan mengikuti sosialisasi dengan perbandingan Laki laki (41%) Perempuan (59%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Pelaku Usaha/UMKM yg masih aktif lebih banyak perempuan daripada laki-laki dengan presentase laki- laki sebanyak 41%, perempuan 59%.
      Kontrol:
      Proporsi pejabat yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan ini didominasi laki-laki.
      Manfaat:
      meningkatkan peran usaha mikro dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      -Tidak semua Pelaku usaha Paham dan mengerti tentang pengembangan usaha yang dimiliki -Kurangnya kuantitas SDM di kecamatan tandes dalam pendampingan kepada pelaku usaha
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      -Adanya persepsi di masyarakat bahwa Pelaku UMKM lebih baik perempuan karena dianggap lebih telaten -Adanya anggapan bahwa laki-laki lebih sulit meluangkan waktu karena sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga -Belum memanfaatkan dengan maksimal penggunaan teknologi dalam melakukan pemasaran produk (digital marketing)
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    -Meningkatkan pengetahuan pelaku usaha / UMKM tentang peluang usaha dan ilmu marketing. -Mempermudah pelaku usaha dalam memasarkan produk secara digitalisasi dan lebih efisiensi waktu (pemasaran produk lewat social media dan epeken)
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
    Outcome: Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 2280000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Meningkatkan akses informasi pengembangan usaha dan peningkatan peluang usaha bagi UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)
Outcome:
Meningkatnya omset dan kreatifitas pelaku Usaha/UMKM dari ((2024) L 924 (48%) Menjadi (2025) L 950 (52%) dari (2024) P 2228 (48%) Menjadi (2024) P 2300 (52%)