GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Kenjeran

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Kenjeran
UNIT ORGANISASI Kecamatan Kenjeran
TAHUN ANGGARAN 2025
PROGRAM Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan
KEGIATAN Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan
SUB KEGIATAN Penyediaan Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatnya kualitas pelayanan publik yang efektif dan inovatif
KODE SUB KEGIATAN 4653
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan meliputi Penyediaan Sarana dan Prasarana berupa pemenuhan JaringanInternet RW untuk mempermudah Pelayanan di Balai RW
    • Jumlah Penduduk di Kecamatan Kenjeran 177.561 Jiwa. L : 89.352 P : 88.209 * Sumber data dari Dispenduk (2024)
    • Pelaksana Sub Kegiatan/Jumlah ASN/OS Pengampu Kegiatan : L : 4 P : 3
    • Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Tanah Kalikedinding : LPMK : 1 (L = 1) RW : 12 (L=12) RT : 144 (L=136, P=8) Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Sidotopo Wetan : LPMK : 1 (L = 1) RW : 14 (L=14) RT : 148 (L=127, P=21 )
    • Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Bulak Banteng : LPMK : 1 (L = 1) RW : 8 (L=8) RT : 69 (L=67, P=2) Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi : LPMK : 1 (L = 1) RW : 4 (L=4) RT : 55 (L=49, P=6)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Masing-masing Balai RW di Kelurahan Se Kecamatan Kenjeran
      Partisipasi:
      Laki-laki lebih sering melakukan kegiatan social kemasyarakatan disbanding perempuan
      Kontrol:
      Banyaknya Pengurusan Kependudukan
      Manfaat:
      Masyarakat dapat mengakses internet secara gratis dan dapat mempermudah pengurusan pelayanan kependudukan
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Kurangnya SDM / Tenaga Operasional dalam menunjang atau melaksanana n tugas Pelayanan Publik di Balai RW - Masyarakat tidak bisa mengakses jaringan Internet di balai RW dikarenakan Wifinya terpassword
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Keterbatas pemahaman masyarakat untuk mengurus pelayanan kependudukan secara online
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengurusan pelayanan kependudukan secara online dengan memanfaatkan sarana dan prasarana Internet yang ada di Balai RW
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Lembaga yang sarana /prasarananya untuk Pemberdayaan
    Outcome: Persentase peningkatan partisipasi dalam kepengurusan administrasi kependudukan
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 121296000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Penyediaan Sarana dan Prasarana Lembaga Kemasyarakatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Lembaga yang sarana /prasarananya untuk Pemberdayaan
Outcome:
Persentase peningkatan partisipasi dalam kepengurusan administrasi kependudukan