GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Kecamatan Kenjeran

NAMA PERANGKAT DAERAH Kecamatan Kenjeran
UNIT ORGANISASI Kecamatan Kenjeran
TAHUN ANGGARAN 2025
PROGRAM Program Penyelenggaraan Pemerintahandan Pelayanan Publik
KEGIATAN Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang tidak dilaksanakan oleh Unit Kerja Perangkat Daerah yang ada di Kecamatan
SUB KEGIATAN Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan dan Meningkatkan Kinjerja Tokoh Masyarakat agar lebih Efektif
KODE SUB KEGIATAN 1774
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Meningkatkan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan dengan dilakukannya Pembayaran JKK dan JKM bagi 460 Lembaga se Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya
    • Jumlah Penduduk di Kecamatan Kenjeran 177.561 Jiwa. L : 89.352 P : 88.209 * Sumber data dari Dispenduk (2024)
    • Pelaksana Sub Kegiatan/Jumlah ASN/OS Pengampu Kegiatan : L : 4 P : 3
    • Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Tanah Kalikedinding : LPMK : 1 (L = 1) RW : 12 (L=12) RT : 144 (L=136, P=8) Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Tanah KalikedindJumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Sidotopo Wetan : LPMK : 1 (L = 1) RW : 14 (L=14) RT : 148 (L=127, P=21 )
    • Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Bulak Banteng : LPMK : 1 (L = 1) RW : 8 (L=8) RT : 69 (L=67, P=2) Jumlah Lembaga Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi : LPMK : 1 (L = 1) RW : 4 (L=4) RT : 55 (L=49, P=6)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Lembaga Kemasyarakatan LPMK, RW dan RT di Wilayah Kecamatan Kenjeran
      Partisipasi:
      Kesenjangan laki-laki dan perempuan dalam pelaksanaan kegiatan Peningkatan Efektifitas Pelaksaan Pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan hampir seimbang
      Kontrol:
      keputusan/kebijakan terkait dengan pelayanan melalui Kepala Seksi Pemerintahan
      Manfaat:
      Pemenuhan Pelayanan dan Administrasi data Kependudukan Masyarakat di Wilayah Kecamatan Kenjeran
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      - Kurangnya SDM / Tenaga Operasional dalam menunjang atau melaksananan tugas Pelayanan Publik - Kurangnya Sarana dan Prasarana kurang memada
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Adanya persepsi masyarakat bahwa dalam pengurusan BPJS antara lakilaki dan perempuan tidak ada perbedaan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Pemberian Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Iuran Jaminan Kematian kepada Lembaga Kemasyarakat an di Wilayah Kecamatan Kenjeran
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan 460 Lembaga
    Outcome: Persentase data terverifikasi yang dibutuhkan Perangkat Daerah
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 132932800
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Peningkatan Efektifitas Pelaksanaan Pelayanan kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah lembaga kemasyarakatan yang aktif mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan 460 Lembaga
Outcome:
Persentase data terverifikasi yang dibutuhkan Perangkat Daerah