NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
UNIT ORGANISASI
|
Dinas Komunikasi dan Informatika |
TAHUN ANGGARAN
|
2025 |
PROGRAM
|
Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik |
KEGIATAN
|
Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota |
SUB KEGIATAN
|
Pelayanan Informasi Publik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Melaksanakan Pelayanan Informasi Publik yang Berkualitas |
KODE SUB KEGIATAN
|
2.16.02.2.01.0006 |
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Pelayanan Informasi melaksanakan penyediaan layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat yaitu layanan yang menerima pengaduan atau permohonan informasi dari masyarakat untuk kemudian dilakukan penanganannya
- Jumlah penduduk Kota Surabaya sebanyak 3.017.382 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.494.317 jiwa dan perempuan sebanyak 1.523.658 jiwa
- Jumlah masyarakat tahun 2024 yang membuat pengaduan secara online adalah 11.472
- Dengan komposisi laki-laki 8.156 (71,09%) dan perempuan 3.316 (28,91%)
- Jumlah masyarakat yang melakukan permohonan informasi dan dokumentasi publik secara offline adalah 70 dengan komposisi laki-laku 46 (65,7%) dan perempuan 24 (34,3%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Warga Surabaya mendapatkan akses yang sama untuk melakukan pengaduan atau permohonan informasi, yaitu melalui aplikasi Wargaku
Partisipasi:
Warga yang melakukan pengaduan atau permohonan informasi lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan persentase laki-laki 71,09% dibanding perempuan 28,91%
Kontrol:
Warga dapat menyampaikan pengaduan dan permohonan informasi sesuai permasalahan mereka dan akan disampaikan kepada OPD sesuai topik untuk ditindaklanjuti
Manfaat:
Semua pengaduan atau permohonan informasi yang masuk direspon dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Surabaya
- Sebab Kesenjangan Internal :
Layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat dibuka untuk masyarakat umum dari semua kalangan
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Masyarakat laki-laki lebih berperan aktif dalam memanfaatkan layanan pengaduan atau permohonan informasi daripada perempuan
|
CAPAIAN SUB KEGIATAN
|
-
Tolak Ukur :
Melaksanakan pelayanan informasi publik yang berkualitas dan responsif gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Terlaksananya sosialisasi pelayanan pengaduan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
Outcome: Indikator Program : Persentase kecepatan respon/tanggapan pengaduan melalui aplikasi WargaKu ≤ 24 jam
Indikator Kegiatan : Kecepatan respon terhadap permohonan informasi atau penjelasan ke PPID ≤ 17 hari kerja
Indikator Sub Kegiatan : Jumlah dokumen hasil pelayanan informasi publik
|
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
2001839018 |
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Sosialisasi pelayanan pengaduan atau permohonan informasi melaksanakan pelayanan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan |
|
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Terlaksananya sosialisasi pelayanan pengaduan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
Outcome:
Indikator Program : Persentase kecepatan respon/tanggapan pengaduan melalui aplikasi WargaKu ≤ 24 jam
Indikator Kegiatan : Kecepatan respon terhadap permohonan informasi atau penjelasan ke PPID ≤ 17 hari kerja
Indikator Sub Kegiatan : Jumlah dokumen hasil pelayanan informasi publik
|