GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Komunikasi dan Informatika

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Komunikasi dan Informatika
UNIT ORGANISASI Dinas Komunikasi dan Informatika
TAHUN ANGGARAN 2025
PROGRAM Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik
KEGIATAN Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pelayanan Informasi Publik
TUJUAN SUB KEGIATAN Melaksanakan Pelayanan Informasi Publik yang Berkualitas
KODE SUB KEGIATAN 2.16.02.2.01.0006
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Pelayanan Informasi melaksanakan penyediaan layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat yaitu layanan yang menerima pengaduan atau permohonan informasi dari masyarakat untuk kemudian dilakukan penanganannya
    • Jumlah penduduk Kota Surabaya sebanyak 3.017.382 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.494.317 jiwa dan perempuan sebanyak 1.523.658 jiwa
    • Jumlah masyarakat tahun 2024 yang membuat pengaduan secara online adalah 11.472
    • Dengan komposisi laki-laki 8.156 (71,09%) dan perempuan 3.316 (28,91%)
    • Jumlah masyarakat yang melakukan permohonan informasi dan dokumentasi publik secara offline adalah 70 dengan komposisi laki-laku 46 (65,7%) dan perempuan 24 (34,3%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Warga Surabaya mendapatkan akses yang sama untuk melakukan pengaduan atau permohonan informasi, yaitu melalui aplikasi Wargaku
      Partisipasi:
      Warga yang melakukan pengaduan atau permohonan informasi lebih banyak laki-laki daripada perempuan dengan persentase laki-laki 71,09% dibanding perempuan 28,91%
      Kontrol:
      Warga dapat menyampaikan pengaduan dan permohonan informasi sesuai permasalahan mereka dan akan disampaikan kepada OPD sesuai topik untuk ditindaklanjuti
      Manfaat:
      Semua pengaduan atau permohonan informasi yang masuk direspon dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Surabaya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Layanan pengaduan atau permohonan informasi masyarakat dibuka untuk masyarakat umum dari semua kalangan
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Masyarakat laki-laki lebih berperan aktif dalam memanfaatkan layanan pengaduan atau permohonan informasi daripada perempuan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Melaksanakan pelayanan informasi publik yang berkualitas dan responsif gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Terlaksananya sosialisasi pelayanan pengaduan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
    Outcome: Indikator Program : Persentase kecepatan respon/tanggapan pengaduan melalui aplikasi WargaKu ≤ 24 jam Indikator Kegiatan : Kecepatan respon terhadap permohonan informasi atau penjelasan ke PPID ≤ 17 hari kerja Indikator Sub Kegiatan : Jumlah dokumen hasil pelayanan informasi publik
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 2001839018
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Sosialisasi pelayanan pengaduan atau permohonan informasi melaksanakan pelayanan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Terlaksananya sosialisasi pelayanan pengaduan kepada masyarakat terutama untuk kalangan perempuan
Outcome:
Indikator Program : Persentase kecepatan respon/tanggapan pengaduan melalui aplikasi WargaKu ≤ 24 jam Indikator Kegiatan : Kecepatan respon terhadap permohonan informasi atau penjelasan ke PPID ≤ 17 hari kerja Indikator Sub Kegiatan : Jumlah dokumen hasil pelayanan informasi publik