GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Bagian Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan

NAMA PERANGKAT DAERAH Bagian Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan
UNIT ORGANISASI Bagian Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan
TAHUN ANGGARAN 2025
PROGRAM Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota
KEGIATAN Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah
SUB KEGIATAN Penyediaan Jasa Surat Menyurat
TUJUAN SUB KEGIATAN Terpenuhinya pelayanan tata usaha umum, persuratan, dan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah
KODE SUB KEGIATAN 1698
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah pejabat struktural di Bagian Umum & Prokopim : L : 3 (75%) P : 1 (25%)
    • Jumlah seluruh pegawai di Bagian Umum & Prokopim : L : 227 (76,41%) P : 70 (23,59%)
    • Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
    • Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
    • Jumlah staf di Sub Bagian TU & Kepegawaian : L : 10 (52,63%) P : 9 (47,67%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesenjangan kewajiban dalam melakukan pelayanan surat di Loket Digital Surat Masuk
      Partisipasi:
      Jumlah staf yang melakukan pelayanan surat di Loket Digital Surat Masuk di tahun 2024 : L : 2 (66,67%) P : 1 (33,33%) Dari data tersebut, terdapat perbedaan, yakni jumlah laki-laki lebih banyak daripada perempuan dalam melakukan pelayanan surat
      Kontrol:
      Ka. Sub Bagian TU & Kepegawaian L : 0 P : 1
      Manfaat:
      Dengan adanya jadwal bergilir dalam pelayanan surat pada Loket Digital Surat masuk, diharapkan setiap staf memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Masih kurangnya SDM di Sub Bagian TU & Kepegawaian yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan kemampuan pelayanan publik yang baik
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Banyaknya anggapan bahwa petugas loket laki-laki lebih tegas dan tanggap dalam melakukan pelayanan surat
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Terpenuhinya pelayanan tata usaha umum, persuratan, dan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Indikator Aktivitas : Jumlah pegawai yang melakukan pelayanan di Loket Digital Surat Masuk L : 2 (33,33%) P : 4 (66,67%) Indikator Sub Kegiatan : Jumlah laporan penyediaan jasa surat menyurat 12 Laporan Indikator Kegiatan : Persentase ketersediaan jasa pelayanan umum kantor dan jasa surat menyurat yang tepat waktu dan tepat sasaran 100% Indikator Program : Persentase ketepatan waktu penyediaan jasa surat menyurat dan penyediaan jasa pelayanan umum kantor 100%
    Outcome: kebiajkan pelayanan umum berbasis gender
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 2.05167273400
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Melakukan rapat koordinasi internal terkait pengembangan Loket Digital Surat Masuk
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Indikator Aktivitas : Jumlah pegawai yang melakukan pelayanan di Loket Digital Surat Masuk L : 2 (33,33%) P : 4 (66,67%) Indikator Sub Kegiatan : Jumlah laporan penyediaan jasa surat menyurat 12 Laporan Indikator Kegiatan : Persentase ketersediaan jasa pelayanan umum kantor dan jasa surat menyurat yang tepat waktu dan tepat sasaran 100% Indikator Program : Persentase ketepatan waktu penyediaan jasa surat menyurat dan penyediaan jasa pelayanan umum kantor 100%
Outcome:
kebiajkan pelayanan umum berbasis gender