GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Kesehatan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Kesehatan
UNIT ORGANISASI Dinas Kesehatan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
KEGIATAN Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota
SUB KEGIATAN Pemeliharaan Rutin Dan Berkala Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan
TUJUAN SUB KEGIATAN 1. Untuk menjamin tersedianya alat kesehatan sesuai standar pelayanan,persyaratan mutu, keamanan, manfaat, keselamatan dan laik pakai. 2. Alat kesehatan dapat beroperasi dengan baik, dapat dioperasikan tanpa kendala atau error sesuai dengan tujuan dan manfaat dari alat tersebut 3. Menghemat biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan pembelian alat kesehatan baru 4. Pemenuhan alat kesehatan baru sebagai penunjang pelayanan di Puskesmas, Labkesda dan Gudang Farmasi Kesehatan
KODE SUB KEGIATAN 1.02.02.2.01
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • 1. Data Kependudukan warga Kota Surabaya pada tahun 2022 berdasarkan data Dispendukcapil adalah 2.936.833 jiwa, dengan rincian sebagai berikut : L : 1.449.930 jiwa (49,37%) dan P : 1.486.903 jiwa (50,63%)
    • Jumlah kunjungan pasien puskesmas tahun 2022, Baru sebanyak 377.911, Laki-laki = 171.528, Perempuan = 206.383. Dan pasien Lama sebanyak 2.170.096, Laki-laki = 857.444, Perempuan = 1.312.652 Total pasien sebanyak 2.548.007 orang dengan rincian L : 1.028.972 (40.38%) dan P: 1.519.035 (59.72%)
    • Jumlah UPTD Layanan di wilayah Surabaya adalah 63 PKM dan 1 Labkesda
    • -
    • -
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Perempuan mempunyai akses yang sama dengan laki-laki Dalam pemanfaatan alat kesehatan
      Partisipasi:
      Proporsi Perempuan lebih besar dibandingkan laki-laki dan perempuan Dalam pemanfaatan alat kesehatan
      Kontrol:
      Jumlah tenaga ahli tehnologi medis yang ada di Dinas Kesehatan, Puskesmas, Labkesda dan Lintas Sektor.
      Manfaat:
      Penunjang Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan.
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Alat Kesehatan tidak bisa di kalibrasi secara rutin sesuai jadwal penyelemggara kalibrasi 2. Jadwal pemeliharaan yang tergantung kondisi kerusakan alat 3. SDM ahli tehnologi medis kurang 4. Kondisi penerima manfaat yang banyak dan beragam
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      1. Penyelenggara kalibrasi alat Kesehatan yang terbatas 2. Kendala persyaratan harus TKDN dalam proses pengadaannya
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. Untuk menjamin tersedianya alat kesehatan sesuai standar pelayanan,persyaratan mutu, keamanan, manfaat, keselamatan dan laik pakai. 2. Alat kesehatan dapat beroperasi dengan baik, dapat dioperasikan tanpa kendala atau error sesuai dengan tujuan dan manfaat dari alat tersebut 3. Menghemat biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan pembelian alat kesehatan baru 4. Pemenuhan alat kesehatan baru sebagai penunjang pelayanan di Puskesmas, Labkesda dan Gudang Farmasi Kesehatan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Terlaksananya kegiatan 1. Belanja Alat Kegiatan Kantor-Perlengkapan Dinas 2. Pemberian Honorarium 3. Belanja jasa kalibrasi 4. Kalibrasi Alat 5. Servis Alat 6. Belanja Modal Alat
    Outcome: Jumlah Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Terpelihara Sesuai Standar
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 8182794793
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Kegiatan yang dilakukan: 1. Belanja Alat Bahan untuk Pembelian Kegiatan Kantor Perlengkapan Dinas elektronik (Paket 1) 2. Belanja Alat Bahan untuk Pembelian Kegiatan Kantor Perlengkapan Dinas elektronik (Paket 2 ) 3. Honorarium Narasumber atau Pembahas, Moderator, Pembawa Acara, dan Panitia 148 Orang 4. Honorarium Tim Swakelola Pelaksana Kegiatan, Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan 5. Belanja Jasa Kalibrasi 6. Kalibrasi Alat Swakelola Kesehatan/Kedokteran/Laboratorium 7. Service Alat Kesehatan/ Kedokteran/Laboratorium (dana pajak rokok) 8. Belanja Modal Alat Kedokteran Umum (Paket 1) 9. Belanja Modal Alat Kedokteran Umum (Paket 2) 10. Belanja Modal Alat Kedokteran Umum (Paket 3) 11. Belanja Modal Alat Kedokteran Gawat Darurat 12. Belanja Modal Alat Kedokteran Lainnya 13. Belanja Modal Alat Kesehatan Umum Lainnya (paket 1) 14. Belanja Modal Alat Kesehatan Umum Lainnya (paket 2) 15. Belanja Modal Alat Kesehatan Umum Lainnya (paket 3) 16. Belanja Modal Alat Kesehatan Umum Lainnya (paket 4) 17. Belanja Modal Alat Laboratorium Umum (Paket 1) 18. Belanja Modal Alat Laboratorium Umum (Paket 2) 19. Belanja Modal Alat Laboratorium Umum (Paket 3)
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Terlaksananya kegiatan 1. Belanja Alat Kegiatan Kantor-Perlengkapan Dinas 2. Pemberian Honorarium 3. Belanja jasa kalibrasi 4. Kalibrasi Alat 5. Servis Alat 6. Belanja Modal Alat
Outcome:
Jumlah Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Terpelihara Sesuai Standar