GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.23 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
TUJUAN SUB KEGIATAN Pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Partisipasi : Jumlah Kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah Kepala Sekolah SD/MI yang melakukan pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegaiatan pembelajaran dan evaluasi L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
      Partisipasi:
      Proporsi Kepala Sekolah SD/MI perempuan lebih besar daripada jumlah Kepala Sekolah laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Satuan Pendidikan menyelenggarakan pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan proses belajar dan ujian
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Kepala Sekolah SD/MI adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Pelaksanaan pengawasan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada sekolah dasar, dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan Proses Belajar dan Ujian
    Outcome: Persentase Angka Kelulusan (AL) SD/MI : 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 399446000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan Proses Belajar dan Ujian
Outcome:
Persentase Angka Kelulusan (AL) SD/MI : 100%