GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.27 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
TUJUAN SUB KEGIATAN Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja : L: 2.619 (26,39%) P: 7.307 (73,61%)
    • Akses : Adanya kesamaan akses untuk tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya L: 2.619 (26,39%) P: 7.307 (73,61%)
    • Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja : L: 2.619 (26,39%) P: 7.307 (73,61%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja : L: 2.619 (26,39%) P: 7.307 (73,61%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya L: 2.619 (26,39%) P: 7.307 (73,61%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja perempuan lebih besar daripada jumlah jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Guru SD/MI mendapat penilaian kinerja sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas guru SD/MI adalah perempuan karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah guru SD/MI yang mendapat pengembangan karir
    Outcome: Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 595348532
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah guru SD/MI yang mendapat pengembangan karir
Outcome:
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi