GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
TUJUAN SUB KEGIATAN Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
    • Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Kepala Sekolah SD/MI lebih besar perempuan daripada jumlah Kepala Sekolah SD/MI laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
      Manfaat:
      Tercapainya lembaga yang mendapatkan pembinaan untuk peningkatan dan pemetaan mutu Sekolah Dasar
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Kepala Sekolah SD/MI adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Sekolah Menengah Dasar yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan manajemen sekolah
    Outcome: Persentase SD terakreditasi minimal B (93,69%)
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 173000000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Sekolah Menengah Dasar yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan manajemen sekolah
Outcome:
Persentase SD terakreditasi minimal B (93,69%)