GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.36 Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik
TUJUAN SUB KEGIATAN Menyosialisasikan Kebijakan tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah Dan Asessmen Nasional, Memberikan Pelatihan Kepada Guru tentang Model Soal Assesmen Nasional dan rencana Pembelajarannya, Menyusun Soal Assesmen Nasional
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Siswa SMP/MTs: L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar dan ujian L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
    • Partisipasi : Jumlah Siswa SMP/MTs: L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah Siswa SMP/MTs untuk mengikuti proses belajar dan ujian L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk untuk mengikuti proses belajar dan ujian L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Siswa SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa SMP/MTs perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Peserta didik mengikuti proses belajar dan ujian
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Peserta didik dapat mengikuti proses belajar dan ujian
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Siswa SMP/MTs yang mengikuti proses belajar dan ujian 39.248 peserta
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 251900000
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Siswa SMP/MTs yang mengikuti proses belajar dan ujian 39.248 peserta
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%