GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.02.40 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
TUJUAN SUB KEGIATAN Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
    • Partisipasi : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 0 P : 1 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan penilaian kinerja L: 1.843 (35,35%) P: 3.370 (64,65%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP perempuan lebih besar daripada jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 1.013 orang
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 587396604
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 1.013 orang
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%