GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.13 Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Agar Peserta didik Paud memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah peserta didik PAUD: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
    • Partisipasi : Jumlah peserta didik PAUD: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar: L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 72 (0,91%) P: 7.878 (99,09%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah peserta didik PAUD perempuan lebih besar daripada jumlah peserta didik PAUD laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      peserta didik PAUD mengikuti proses belajar
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas peserta didik PAUD adalah perempuan karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. Agar Peserta didik Paud memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut 2. untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini, diperlukan upaya peningkatan kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan, dan rangsangan pendidikan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi, dan berkesinambungan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar 88.678 Peserta Didik
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 56838355895
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah peserta didik PAUD yang mengikuti proses belajar 88.678 Peserta Didik
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%