GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.16 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diakses
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja : L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
    • Partisipasi : Jumlah siswa Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja : L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan L: 42 (0,98%) P: 4.245 (99,02%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Guru PAUD laki-laki lebih besar dari pada jumlah Guru PAUD perempuan
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD didominasi oleh laki-laki
      Manfaat:
      Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependiidkan dalam pengembagan karir
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Guru PAUD adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diaksesdan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
    Outcome: Persentase guru PAUD yang kompeten : 100%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 3569141370
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
Outcome:
Persentase guru PAUD yang kompeten : 100%