GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.03.17 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
TUJUAN SUB KEGIATAN Pembinaan terhadap lembaga PAUD danmendorong lembaga PAUD agar meningkatkan mutu/kualitasnya
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah Kepala/Ketua TK: L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
    • Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri : L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
    • Partisipasi : Jumlah Kepala/Ketua TK: L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen serta mendorong lembaga PAUD meningkatkan mutu/kualitasnya
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri : L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah Kepala/Ketua TK perempuan lebih besar dari pada jumlah Guru Kepala/Ketua TK laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam pengembagan karir
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas Kepala/Ketua TK adalah prempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Melakukan pembinaan terhadap lembaga PAUD dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
    Outcome: Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 1176673719
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28%