GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.12 Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan
TUJUAN SUB KEGIATAN Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Partisipasi : Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah peserta didik perempuan lebih besar daripada jumlah peserta didik laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Peserta didik mengikuti proses belajar
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas peserta didik adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    1. Agar Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut 2. untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: 2.792 Peserta Didik
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 69574437400
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: 2.792 Peserta Didik
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%