GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.15 Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
TUJUAN SUB KEGIATAN meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan Nonformal/Kesetaraan lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
KODE SUB KEGIATAN 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
    • Partisipasi : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 1 P : 0
    • Manfaat : Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi L: 182 (32,97%) P: 370 (67,03%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PKBM perempuan lebih besar daripada jumlah pendidik dan tenaga kependidikan laki-laki
      Kontrol:
      Kontrol: Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
      Manfaat:
      Pendidik dan tenaga kependidikan PKBM mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan PKBM adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan Nonformal/Kesetaraan lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 250 Orang
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52 %
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 101750546
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan, pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 250 Orang
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52 %