GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
UNIT ORGANISASI Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.04 Program Pendidik dan Tenaga Kependidikan
KEGIATAN 1.01.04.2.01 Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
SUB KEGIATAN 1.01.04.2.01.02 Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
TUJUAN SUB KEGIATAN Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru
KODE SUB KEGIATAN 1.01.04 Program Pendidik dan Tenaga Kependidikan
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta: L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
    • Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
    • Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta: L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Penataan pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan sesuai dengan kebutuhan : L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan L: 440 (32,09%) P: 931 (67,91%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta perempuan lebih besar daripada jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh perempuan
      Manfaat:
      Pemerataan guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah serta dapat meninngkatkan kesejahteraan guru
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta adalah perempuan , karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
CAPAIAN SUB KEGIATAN
  1. Tolak Ukur :
    Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru dan evaluasi yang responsive gender
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah Laporan Hasil Pelaksanaan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan 350 laporan
    Outcome: Pemetaan pendistribusian guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan indeks pendidikan : 78,52
JUMLAH ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 32704832200
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.04.2.01 Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah Laporan Hasil Pelaksanaan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan 350 laporan
Outcome:
Pemetaan pendistribusian guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan indeks pendidikan : 78,52